AHA/BHA dengan Retinol dan Retinoid

Bahan skincare yang tidak boleh dicampur dan harus Ladies ketahui, Retinoid dan Retinol memang mirip namun tidak sama dan Retinoid memiliki konsentrasi zat aktif berupa asam retinoat dibanding retinol. Sedangkan perbedaan AHA dan BHA adalah AHA atau alpha-hydroxy acid yang dapat berupa glycolic acid merupakan bahan kimia yang dapat mengobati jerawat. BHA atau beta-hydroxy acid yang umum ditemukan dalam bentuk salycylic acid adalah zat aktif yang dapat mencegah penuaan dan mengeksfoliasi kulit mati.

Penggunaan skincare dengan AHA/BHA dengan retinol tidak dianjurkan kecuali Ladies memiliki kulit yang sangat berminyak karena dapat menyebabkan kulit menjadi sangat kering. Tetapi, jika kulit kamu dapat menahan keduanya, maka kamu dapat menggunakan keduanya secara bersamaan. Kamu dapat menggunakan sabun pencuci muka dengan kandungan salycylic acid atau spot treatment pada beberapa bagian, dan retinol untuk seluruh bagian wajah.

AHA/BHA dengan Retinol dan Retinoid
source: https://www.johnlewis.com


 

Retinoid dengan Benzoyl Peroxyde (BPO)

Benzoyl Peroxyde (BPO) dikenal sebagai bahan aktif yang dapat menyembuhkan jerawat dengan cepat. Saat terjadi kontak antara zat aktif tersebut dengan kulit, zat ini akan membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat namun juga membuat kulit menjadi kering. Kedua skincare ini yaitu BPO dan retinoid tidak boleh dipakai berbarengan karena BPO diketahui dapat meninaktivasi efek dari retinoid terhadap kulit.

Apabila kamu tetap ingin menggunakan kedua zat ini secara bersamaan, kini sudah ada beberapa formula yang mengandung BPO dalam kondisi yang lebih stabil, akan tetapi ada baiknya jika Ladies mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter kulit.

Retinoid dengan Benzoyl Peroxyde (BPO)
source: https://fashionmagazine.com


 

baca juga

Eksfoliator dengan Produk Pencerah Wajah

Eksfoliator berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati di permukaan kulit yang dapat membuat kulit lebih halus dan lembut. Apabila produk eksfoliator dikombinasikan dengan produk pencerah wajah tanpa dibarengi dengan pemakaian SPF akan membahayakan kulit. Hal ini disebabkan karena kedua produk tersebut memiliki fungsi yang sama untuk mencerahkan wajah. Keduanya dapat meningkatkan sensitifitas kulit terhadap cahaya secara berlebih.

Untuk mengurangi dark spot pada kulit ada baiknya jika Ladies menggunakan sunblock dengan kandungan minimal 15 SPF. Karena darkspot sebenarnya adalah bentuk perlawanan kulit terhadap cahaya matahari. Jadi Ladies, jangan lupa untuk menggunakan sunblock jika ingin keluar rumah ya.

Eksfoliator dengan Produk Pencerah Wajah
source: https://fashionmagazine.com

Kini Ladies sudah tahu kan bahan apa saja yang tidak boleh dicampur? Mulai sekarang sebaiknya periksa kembali ya kandungan zat aktif yang terkandung dalam skincare kalian ya Ladies.