Bahaya dari Penggunaan Jarum Pentul Yang Salah

Belum lama ini media sosial dihebohkan dengan berita seorang anak perempuan yang tidak sengaja menelan jarum pentul saat akan memakai hijab. Meski masih bisa terselamatkan, namun anak remaja tersebut kondisinya masih belum membaik usai menelan jarum pentul. Nah berdasarkan pengalaman tersebut, beautynesia.id mencoba mengulas mengenai bahaya jarum pentul hijab jika tertelan.

Ukuran jarum pentul yang sangat kecil dan sangat ringan memang bisa saja secara tidak sengaja dapat terhisap kemudian masuk ke dalam paru-paru (bronkus) dan parahnya jarum pentul bisa tersangkut pada batang tenggorokan. Mengerikan bukan?

Jarum pentul yang tidak secara sengaja masuk ke dalam bronkus atau trakea akan mengakibatkan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan. Saat tertelan, memang tidak akan timbul gejala yang apapun seperti sesak nafas msialnya. Namun gejala yang memang bisa saja terjadi, timbulnya reaksi batuk yang merupakan respon halus untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam paru-paru.

Jika tidak segera ditangani, jarum pentul yang berada di dalam paru-paru tentunya akan berakibat sangat fatal pada kesehatan dan timbul rasa nyeri pada dada saat bernafas. Efek buruknya pada paru-paru, bahkan akan berakibat terjadinya peradangan, tetanus hingga kematian.
Bahaya dari Penggunaan Jarum Pentul Yang Salah
source: https://www.benadryl.co.in


 

Apa yang Harus Dilakukan jika Jarum Pentul Tertelan?

Langkah awal jika di dapati jarum pentul yang tertelan, segeralah pergi ke dokter atau rumah sakit terdekat kemudian mintalan segera untuk melakukan rontgen pada leher, thorax (dada) atau bila perlu pada perut kamu. Sebab jika tidak segera ditangani, bahaya jarum pentul hijab ini akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Jika diketahui jarum pentul tersebut masuk ke dalam lambung. Pasien dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan berserat agar jarum pentul yang tertelan tersebut bisa keluar melalui fases (kotoran) dan terbungkus oleh kotoran.

Jika jarum pentul ternyata di dapati masuk kedalam jalan nafas manusia, dipastikan dokter akan merujuk pasien untuk pergi ke dokter THT dan meminta segera melakukan tindakan pengambilan dengan melakukan tindakan laringoskopi direk.
 

Apa yang Harus Dilakukan jika Jarum Pentul Tertelan?
source: http://chpprogram.com


 

baca juga

Tips Cara Menggunakan Jarum Pentul dengan Benar

Dengan pengalaman dan uraian di atas, tentu kamu akan lebih berhati-hati dalam menggunakan jarum pentul dengan benar seperti tips berikut ini.

  1. Saat akan mengikat jilbab dengan jarum pentul pada bagian dagu, berikan aksen lipatan sebelum kamu menggunakan jarum pentul.
  2. Jika kamu kesulitan menggunakan jarum pentul, ambil alternatifnya dengan menggunakan klip turki.
  3. Jangan pernah menggigit jarum pentul ketika kamu masih memperbaiki hijab. Taruh atau tusukan jarum pentul pada busa kecil sebelum digunakan.

 

Tips Cara Menggunakan Jarum Pentul dengan Benar
source: https://1.bp.blogspot.com