Tahi Lalat Bisa Muncul di Mana Saja


Tahi lalat memang bisa muncul dibagian tubuh mana saja, jadi tumbuhnya tahi lalat di payudara juga merupakan hal biasa. Tahi lalat tumbuh karena adanya pengelompokan  melanosit(sel-sel penghasil zat warna kulit). Jika tahi lalat tidak terus menerus tumbuh dan tidak menunjukkan gejala tahi lalat berbahaya, maka tidak perlu dikhawatirkan. 

Faktor penyebab munculnya tahi lalat bisa bermacam-macam seperti faktor genetik, hidup di tempat yang beriklim panas, penggunnaan obat dan juga perubahan hormon. Tahi lalat lebih sering muncul pada orang yang berkulit terang dibandingkan dengan orang yang berkulit gelap. 

Ada Tahi Lalat di Payudara? Hmm, Ternyata Ini Dia Penyebab Munculnya!
source: http://www.telegraph.co.uk


 

Tahi Lalat Pada Payudara


Selain beberapa faktor penyebeb munculnya tahi lalat di atas. Kemunculan benjolan hitam pada payudara bisa jadi disebabkan oleh hal lain. Menyerupai tahi lalat, tapi benjolan tersebut juga mungkin saja merupakan kutil, komedo hitam, tanda lahir, infeksi oleh bakteri, granuloma, atau pun iritasi akibat sabun atau deterjen.


 

baca juga

Bahayakah Tahi Lalat di Payudara?


Jika tanda hitam atau tahi lalat di payudara tersebut berukuran tidak terlalu besar dan tidak memiliki tanda-tanda perkembangan, maka tahi lalat tersebut tidak berbahaya. Jika tahi lalat tersebut mengalami gejala seperti makin membesar, terasa nyeri dan gatal, memiliki gradasi warna, sebaiknya konsultasikan pada dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.


 

Fakta Lain Tentang Hubungan Payudara dan Tahi Lalat


Sebuah penelitian menemukan bahwa munculnya tahi lalat berhubungan erat dengan kanker payudara. Penelitian tersebut menyatakan bahwa wanita dengan jumlah tahi lalat sangat banyak dalam tubuh memiliki resiko kanker payudara 13% lebih tinggi daripada wanita tanpa tahi lalat.

During the study, 5,956 breast cancers were diagnosed in the women. Overall, women who had “very many” moles had a 13% higher risk of breast cancer than women who had no moles. This difference was significant, which means it was probably because of the difference in the number of moles and not just due to chance.
source: http://www.breastcancer.org
baca juga
Ada Tahi Lalat di Payudara? Hmm, Ternyata Ini Dia Penyebab Munculnya!
source: http://www.klikdokter.com

Walaupun munculnya tahi lalat secara tiba-tiba dalam jumlah banyak sering diindikasikan sebagai tanda kanker payudara, tapi sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan hasil yang lebih akurat. Yang terpenting selalu waspada dan perhatikan tubuh kamu ya,ladies!