Perhatikan Beban Tas

Tips merawat tas ransel yang pertama adalah memperhatikan berat barang bawaan tas agar jangan sampai terlalu berat. Selain bisa merusak tas, barang bawaan yang terlalu berat juga bisa berakibat buruk untuk kesehatan tubuh. Biasanya, kamu bisa menemukan standar berat barang bawaan yang disarankan pada petunjuk penggunaan yang terdapat di dalam tas. Namun jika kamu tidak menemukannya, cobalah untuk membawa beban kurang dari 2 kilogram agar tas ransel tidak mudah rusak.

 

Perhatikan Beban Tas
source: http://backpack.larysadodz.com


 

baca juga

Taruh Barang dengan Benar

Salah satu hal yang bisa membuat bentuk tas ransel menjadi jelek adalah karena penataan barang di dalam tas yang tidak tepat. Karena terburu-buru, mungkin saja kamu menaruh barang dengan asal ke dalam tas. Akibatnya, bentuk tas akan berubah sesuai dengan bentuk barang bawaan yang kamu masukkan secara asal ke dalam tas.

 

Taruh Barang dengan Benar
source: https://sbe.morrow.k12.or.us


 

Bersihkan Tas dengan Benar

Sebelum menyimpan tas, kamu harus memastikan tas dalam keadaan bersih. Keluarkan semua barang dari dalam tas, pastikan tidak ada sampah dan sisa makanan yang tertinggal di dalam tas ransel. Jika terdapat noda pada tas, bersihkan permukaan tas dengan kain lembap yang telah diberi sedikit shampoo bayi. Hindari merendam dan menyikat tas ransel agar serat kainnya tidak rusak.

 

Bersihkan Tas dengan Benar
source: https://www.kiwiservices.com


 

baca juga

Jauhkan Dari Sinar Matahari

Jika tas kamu lembap atau basah, jemur tas untuk menghindarkan tas dari jamur. Untuk mengeringkan tas, kamu cukup menggantung tas di tempat bersirkulasi udara baik untuk diangin-anginkan. Jauhkan tas dari sinar matahari secara langsung karena sinar matahari bisa merusak warna tas dan menjadikan seratnya lebih mudah rapuh.

 

Jauhkan Dari Sinar Matahari
source: http://www.droold.com


 

Lindungi dengan Dust Bag

Untuk menyimpan tas ransel, kamu perlu melindunginya dengan dust bag. Sesuai dengan namanya, dust bag berfungsi untuk menjaga tas ransel agar terhindar dari debu. Setelah dilapisi dust bag, simpan tas ke dalam lemari dan tambahkan kapur barus untuk mencegah berkembangnya jamur.

 

Lindungi dengan Dust Bag
source: https://thecleverbaggers.co.uk