Tea tree oil adalah minyak dari pohon Melaleuca alternifolia yang banyak ditemukan di Australia dan Oceania. Tea tree oil memang terbukti bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Perawatan dengan tea tree oil juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah. 


 

Menumbuhkan Rambut

Salah satu manfaat tea tree oil adalah menumbuhkan rambut. Mungkin bagi kamu yang memiliki rambut tipis atau rontok bisa juga lho memanfaatkan tea tree oil ini. Mengunakan tea tree oil secara rutin pada rambut juga dapat membantu mempertahankan kelembapan rambut. Kamu bisa langsung mengambil beberapa tetes tea tree oil yang dicampur dengan minyak esensial dan dipijat pada kulit kepala.

Treatment seperti ini akan membantu membuka folikel rambut, menutrisi akar dan membantu kulit kepala menginduksi pertumbuhan rambut. Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk selalu mencampur tea tree oil dengan minyak esensial lain seperti rosemary oil, santan atau minyak zaitun karena tea tree oil formulanya terlalu kuat untuk digunakan langsung ke kulit kamu. 

 

Menumbuhkan Rambut
source: http://www.atribunamt.com.br


 

baca juga

Mencegah Rambut Rontok

Nah kalau yang pertama tadi manfaat tea tree oil untuk menumbuhkan rambut jika rambut kamu terlanjur rontok dan menipis. Manfaat tea tree oil yang kedua ini adalah mencega rambut rotok. Masalah rambut yang mudah rontok biasanya disebabkan karena infeksi bakteri dan jamur serta peredaran darah yang tidak lancar. Tea tree oil bisa menjadi salah satu solusi yang aman dan ampuh untuk mengatasinya. 

Caranya juga cukup mudah kok. Tuangkan beberapa tetes tea tree oil pada telapak tangan, gosok-gosok kemudian oleskan pada kulit kepala perlahan sambil dipijat-pijat. Jadi, jangan langsung diteteskan pada kulit kepala ya, Beautynesian! Tea tree oil ini bermanfaat membasmi bakteri dan jamur yang merusak rambut dan kulit kepala sehingga membuat rambut kamu mudah rontok. Sedangkan pijatan bertujuan untuk melancarkan sirkulasi darah. Kamu bisa melakukan treatment ini setiap malam hari dan dapat segera kamu rasakan manfaatnya. 

 

Mencegah Rambut Rontok
source: http://www.cantikalamiku.com


 

Menghilangkan Ketombe

Punya masalah dengan ketombe? Tea tree oil juga bisa menjadi solusi yang tepat lho! Kandungan anti bakteri dan anti jamur dalam tea tree oil dapat membasmi semua bakteri dan jamur penyebab timbulnya ketombe di kulit kepala. Caranya juga tidak begitu sulit, cukup campur beberapa tetes tea tree oil dengan shampo yang kamu gunakan untuk keramas.

Selain itu bisa juga kamu mencampur tea tree oil dengan gel lidah buaya, santan atau esensial oil lainnya seperti minyak lavender. Aplikasikan pada kulit kepala dan pijat-pijat lembut. Kemudian diamkan selama 20 - 30 menit agar tea tree oil bekerja dengan baik. dan selanjutnya bisa kamu bilas sampai bersih. Selain membasmi bakteri dan jamur penyebab ketombe, tea tree oil juga dapat menenangkan kulit kepala yang kering dan mengelupas bahkan dapat juga mengatasi masalah kutu rambut.

 

Menghilangkan Ketombe
source: http://lifestyle.okezone.com