Orang yang tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia sangat rentan mengalami masalah kulit, salah satunya yaitu masalah berjerawat. Cuaca yang terlalu panas bisa membuat kulit kering dan berkeringat, yang kemudian bisa memicu timbulnya jerawat akibat bakteri dan keringat yang menempel di kulit. Selain faktor cuaca, masih banyak pula faktor yang memicu timbulnya jerawat, seperti alergi, hormon, genetik, hingga makanan tertentu, Tentunya jerawat yang muncul ini bisa sangat mengganggu ya, ladies! Untuk itu, jangan lupa untuk jaga kebersihan kulit serta lakukan hal-hal di bawah ini agar jerawat dan bekasnya bisa terkontrol dengan baik.


Hindari Makanan yang Bisa Memicu Jerawat

Walaupun tidak semua orang sama, tetapi ada baiknya kamu perhatikan beberapa makanan yang mungkin memengaruhi pertumbuhan jerawatmu, seperti makanan berminyak dan produk olahan susu. Laporan dari The Academy of Nutrition and Dietetics menyatakan bahwa makanan manis dengan indeks glikemik tinggi bisa memicu jerawat lho. Karena itu, ada baiknya kamu mengubah pola makanmu agar jerawat bisa lebih terkontrol. 
 

Ternyata, 4 Cara Mudah Ini Ampuh Hilangkan Jerawat Membandel & Membuat Kulit Semakin Mulus!
source: http://food.ndtv.com/


Bersihkan Make Up

Ladies, hal satu ini penting ya untuk dilakukan! Jangan lupa untuk membersihkan make up sebelum kamu tidur ya. Pasalnya, make up bisa menyumbat pori dan memicu tumbuhnya jerawat, Hindari juga make up berbahan dasar minyak (oil-based make up) dan sebaiknya pilih make up yang berbahan dasar air (water-based make up) karena tidak akan menyumbat pori-pori wajah. 
 

Ternyata, 4 Cara Mudah Ini Ampuh Hilangkan Jerawat Membandel & Membuat Kulit Semakin Mulus!
source: http://www.becomegorgeous.com/
baca juga


Gunakan Obat Jerawat yang Tepat

Salah satu cara menghilangkan jerawat adalah dengan memberikan pengobatan pada jerawat yang muncul. Kamu bisa menggunakan obat secara topikal (misalnya dengan mengoleskan krim jerawat) ataupun obat yang dikonsumsi (misalnya antibiotik). Konsultasikan setiap obat yang kamu pakai dengan dokter ya, ladies! Jangan sampai ternyata obat yang kamu gunakan tidak cocok atau malah menyebabkan reaksi lain pada kulit. Pastikan juga kamu tidak memencet atau menyentuh jerawatmu agar tidak terjadi infeksi ya!
 

Ternyata, 4 Cara Mudah Ini Ampuh Hilangkan Jerawat Membandel & Membuat Kulit Semakin Mulus!
source: https://ramadanpharmacy.com.au/


Lakukan Eksfoliasi

Bekas jerawat membandel tidak kunjung pudar? Coba lakukan eksfoliasi dengan menggunakan scrub ataupun cairan AHA/BHA. Eksfoliasi sendiri merupakan tindakan mengangkat sel kulit mati di permukaan atas kulit yang menyumbat pori. Setelah melakukan eksfoliasi, kulit biasanya akan terasa lebih lembut dan lebih maksimal dalam menyerap skin care, seperti serum ataupun krim. Lakukan eksfoliasi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk bantu pudarkan noda bekas jerawat yang membandel.
 

Ternyata, 4 Cara Mudah Ini Ampuh Hilangkan Jerawat Membandel & Membuat Kulit Semakin Mulus!
source: http://www.girlscosmo.com/