Pecel Lontong Mbak Sri Cilik

Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, pasti kamu datang ke pasar Beringharjo. Untuk menemukan pecel lontong mbak sri cilik ini sangat mudah karena terletak persis di depan pintu gerbang masuk. Pecel yang satu ini menggunakan tiga jenis sayur, yaitu daun pepaya, bayam, dan daun turi.

Mungkin biasanya kamu menyantap pecel dengan nasi, tapi uniknya disini kamu bisa menikmati pecel dengan mie atau lontong. Tentu saja masih ada berbagai lauk tambahan yang bisa menjadi pilihanmu, seperti bacem, sate, dan goreng-gorengan.

Pecel Lontong Mbak Sri Cilik
source: https://www.pegipegi.com


 

Sate Kere

Sate Kere merupakan salah satu jajanan populer di Yogyakarta. Kamu bisa menemukan sate kere di jalan Goden km 7. Dalam bahasa Jawa itu sendiri, kere artinya adalah miskin. Sate ini diberi nama sate kere karena harganya yang murah, tapi tentu saja kaya akan cita rasa yang nikmat.

Sate ini tujuannya ingin bisa dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari orang kaya hingga orang kere sekalipun. Itu dia asal mula terciptanya nama yang unik ini. Maka dari itu, jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, kamu wajib mencoba sate kere.

Sate Kere
source: http://jogja.tribunnews.com


 

baca juga

Manggar Manding

Gudeg memang menjadi salah satu makanan ciri khas Yogyakarta, jika kamu ingin mencoba gudeg yang unik, Manggar Manding bisa menjadi pilihan tepatmu. Kalau biasanya kamu menikmati gudeg yang terbuat dari nangka muda, di sini kamu bisa merasakan gudeg yang terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda. Jaman dulu, ini menjadi menu istimewa di kerajaan lho. Jadi kalau kamu sudah mencoba gudeg Manggar Manding berarti kamu sudah menikmati sajian khas kerajaan deh.

Manggar Manding
source: http://www.pakettourjogja.com/


 

Angkringan Lik Man

Ke Yogyakarta rasanya belum lengkap kalau belum makan di angkringan. Salah satu angkringan yang wajib kamu coba adalah angkringan Lik Man. Angkringan yang satu ini tidak pernah sepi akan pengunjung lho. Bahkan ini merupakan angkringan pertama yang ada di Yogyakarta pada tahun 1969.

Menu yang ditawarkan serupa dengan angkringan pada umumnya, yaitu sego kucing, sate telur puyuh, aneka gorengan, dan masih banyak lagi. Tapi mereka memiliki kopi unik, yaitu kopi yang dicampur dengan arang yang masih merah membara. Unik banget kan?

Angkringan Lik Man
source: http://www.telusurindonesia.com

Itu dia 4 jajanan populer di Yogyakarta yang wajib banget kamu coba. Pergi berlibur tentu saja akan kurang jika belum berwisata kuliner. Di kota ini, kamu bisa merasakan jajanan populer dengan harga yang sangat terjangkau tapi rasa tidak perlu diragukan lagi.

Jadi jangan lupa mencatat tempat-tempat tersebut ya untuk kamu kunjungi ketika pergi ke Yogyakarta. Rasanya pasti jadi tidak sabar untuk pergi liburan ke Yogyakarta ya!