Sabun Pencuci Piring

Cara membersihkan berlian di rumah yang pertama adalah dengan menggunakan sabun pencuci piring. Sabun pencuci piring punya kemampuan yang sangat baik untuk menghilangkan minyak dan berbagai kotoran yang menempel di perhiasan berlian. Karena ditujukan untuk mencuci peralatan makan, maka sabun pencuci piring umumnya punya kandungan yang lembut sehingga tidak akan merusak berlian. Campurkan setengah sendok teh sabun pencuci piring dengan satu gelas air, lalu aduk hingga menghasilkan busa. Rendam berlian ke dalam larutan sabun selama 15 menit. Sikat berlian dengan sikat gigi lembut hingga terlihat bersih dan berkilat. Bilas dengan air mengalir lalu keringkan dengan handuk lembut.

Sabun Pencuci Piring
source: http://www.onegoodthingbyjillee.com


 

baca juga

Pasta Gigi

Pasta gigi memiliki kemampuan yang baik untuk membuat permukaan berlian terlihat lebih bersih dan bersinar. Sama seperti saat kamu mau menggosok gigi, ambil sedikit pasta gigi dan gosokkan pada berlian menggunakan sikat gigi yang lembut. Jangan lupakan bagian lipatan yang mungkin sulit dijangkau, karena pada bagian itulah kotoran biasanya banyak berkumpul. Bilas dengan air mengalir sambil terus disikat hingga semua busa hilang. Lalu keringkan berlian dengan handuk lembut dan angin-anginkan sebelum berlian kembali disimpan.

Pasta Gigi
source: http://wonderopolis.org


 

Soda

Soda memang terkenal efektif membersihkan berbagai perhiasan. Meskipun begitu, soda juga memiliki sifat abrasive yang bisa membuat perhiasan rusak jika terkena air soda terlalu lama. Karena itu, gunakan air soda hanya untuk membersihkan berlian yang sangat kotor. Selain itu, jangan merendam berlian dalam air soda terlalu lama. Cukup rendam perhiasan dengan air soda selama 5-10 menit, lalu sikat dengan sikat gigi lembut. Setelah itu, bilas dengan air mengalir dan keringkan.

Soda
source: https://latifahjangkung.wordpress.com


 

baca juga

Pembersih Kaca

Bukan cuma efektif untuk membersihkan kaca, cairan pembersih kaca juga sangat bagus untuk membersihkan berlian. Kamu bisa menyemprotkan sedikit cairan pembersih kaca ke perhiasan berlian, lalu segera lap dengan kain lembut. Lakukan hal ini beberapa kali hingga berlian bersih. Sebelum menyimpan berlian, pastikan juga bagian lipatan perhiasan sudah bersih dari sisa cairan pembersih kaca. Jika ada residu yang tertinggal, cairan pembersih kaca justru bisa meninggalkan noda pada permukaan berlian.

Pembersih Kaca
source: http://livesimply.me