Berbicara soal vitamin, kali ini beautynesia.id ingin berbagi sedikit pengetahuan mengenai pentingnya vitamin dan bagaimana menemukan sumber vitamin yang paling mudah dan paling baik. Menemukan sumber vitamin yang paling mudah dan paling baik tentunya dari sumber pangan yang kita konsumsi sehari-hari, setuju? Umumnya makanan bervitamin pastinya identik dengan harga yang mahal. Contohnya saja ikan salmon. Ikan segar yang satu ini memang memiliki kadar protein yang tinggi, sehingga tidak heran jika harga pergram ikan ini cukup membuat pusing. So, untuk mendapatkan asupan vitamin kita harus merogoh kocek yang mahal dong? Enggak selalu kok, buktinya kamu bisa mendapatkan asupan vitmain yang baik untuk kesehatan mata dari bahan pangan yang sering kamu konsumsi sehari-hari berikut ini.


 

Ikan Makarel

Mau dapet asupan vitamin yang baik tidak harus selalu dari ikan salmon lho beautynesian. Ternyata ikan makarel atau biasanya kita kenal dengan sarden memiliki sumber asupan vitamin atau gizi yang cukup banyak. Ikan sarden mengandung protein, kalsium, selenium, kalium, dan magnesium. Selain itu, sarden juga memiliki berabagai jenis vitamin baik, seperti asam folat, kolin, niacin, vitamin A, vitamin B12, vitamin D hingga vitamin K yang memiliki peran penting dalam metabolisme asupan tubuh sehari-hari.

Ikan Makarel
source: http://agulhashouse.com

Manfaat mengkonsumsi ikan sarden:

  1. Kadar vitamin A dalam ikan sarden dapat membantu perkembangan retina dan mencegah kebutaan.
  2. Meningkatkan metabolisme otot serta memperbaiki otot-otot rusak.
  3. Kadar vitamin ikan sarden dapat membantu perkembangan tulang dan saraf pada tubuh.
  4. Memberikan tenag atau energi yang besar kepada tubuh.
Kalau melihat harga jual ikan sarden yang enggak mahal, tentunya kamu enggak keberatan kan untuk memulai mengkonsumsi ikan ini untuk menambah asupan vitamin tubuh kamu?

 
baca juga

Telur

Untuk ukuran anak muda, telur merupakan salah satu makanan yang paling populer. Selain rasanya yang enak jika dicampur nasi ataupun mie, harga sebutir telur sangat affordable meskipun sedang akhir bulan. Nah, tahukan kamu? Kalau ternyata kadungan vitamin dalam telur tidak kalah banyak dengan kandungan vitamin yang terdapat pada ikan sarden ataupun ikan salmon lho. Selain kaya dengan sumber mineral, kandungan vitamin didalam telur pun cukup memegang peranan penting pada tubuh seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin B5 dan folat.

Telur
source: http://www.food.com

Manfaat telur :

  1. Membantu memperbaiki organ-organ rusak pada mata atau retina.
  2. Mencegah terjadinya kebutaan.
  3. Menjaga kesehatan mata.
Nah, buat kamu yang gemar banget mengkonsumsi telur, ada baiknya untuk tidak terlalu sering mengkonsumsinya yah. Karena meskipun memiliki banyak vitamin baik, namun jika terlalu banyak memakannya malah akan menimbulkan kolesterol!

 

Yogurt

Kamu pasti udah tahu dong sama makanan yang satu ini? Yup! makanan berbahan dasar susu ini merupakan salah satu jenis makanan ringan yang enak banget kalau disantap sehabis makan besar ataupun kalau sedang bersantai. Meskipun rasanya agak sedikit asam, ternyata yogurt memiliki kadar vitamin yang cukup tinggi untuk menjaga asupan vitamin harian kamu. Satu cup atau botol yogurt sudah dapat mengantikan asupan vitamin A dalam tubuh kamu.

Yogurt
source: http://edition.cnn.com

Manfaat yogurt :

  1. Menjaga mata kamu tetap cerah seharian.
  2. Memperbaiki organ yang rusak pada retina kamu.
  3. Menyegarkan badan.
  4. Memberikan asupan energi baik.
So, buat kamu yang masih ragu sama rasa dan manfaat yogurt, yuk mulai lah untuk mencobanya, karena jika belum kenal maka tidak akan sayang. Oh iya, harganya murah kok, dan gampang banget buat kamu temuin. Jadi enggak ada alasan untuk enggak nyobain kan?

 
baca juga

Wortel

Yup! pastinya kamu udah sangat mengetahui manfaat wortel untuk mata kan? Jadi tanpa harus membahas lebih banyak tentang wortel, kita persingkat aja. Intinya wortel memiliki kandungan yang paling baik dalam menjaga kesehatan mata, baik menjaganya dari kerusakan atau memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi pada retina kamu. So, makan lah wortel untuk meraih pemandangan yang lebih jernih.

Wortel
source: http://www.care2.com

Gimana? Ternyata mudah banget kan menemukan makanan yang mengandung vitamin baik untuk kesehatan mata kamu? So, tunggu apa lagi! yuk mulai hidup sehat dari sekarang.