Bongkar Semua Isi Koper


Membongkar isi koper setelah traveling bisa jadi hal yang bikin kamu malas. Kondisi badan yang lelah dan ingin cepat beristirahat setelah pulang traveling seringkali jadi alasan untuk membiarkan barang-barang tetap di dalam koper.

Padahal di dalam koper pasti terdapat pakaian kotor, makanan, alat kosmetik, sepatu dan beberapa barang lainnya yang kalau tidak lekas dikeluarkan, akan menimbulkan bau yang tak sedap.

Belum lagi kosmetik atau cairan lain yang mungkin juga tumpah karena koper yang dibanting-banting oleh maskapai. Jadi agar koper tidak cepat kotor dan berbau tak sedap, hindari membongkar koper pada keesokan harinya ya, Ladies. Pastikan juga tidak ada barang yang tertinggal di kopermu saat kamu membongkarnya.

Sebelum Liburan Akhir Tahun, Ayo Rawat Kopermu Dengan Cara Mudah Ini!
source: http://www.simplyfreshlaundry.com



Buang Tag Bandara yang Menempel


Jika kamu traveling menggunakan pesawat, pasti petugas bandara akan menempelkan sticker atau tag untuk menandai nama maskapai dan tujuan penerbanganmu. Tujuannya adalah agar kopermu tidak tertukar oleh maskapai penerbangan atau salah tujuan.

Setelah tiba di rumah, segera bersihkan kopermu dari segala macam sticker atau tag bandara. Semakin lama dibersihkan, sticker justru akan makin sulit dilepaskan dari kopermu.

Selain itu, pastikan tag ini tidak menempel pada penerbangan berikutnya ya. Jangan sampai kamu membingungkan petugas bandara dan justru membuat koper kamu hilang atau tertukar.

Sebelum Liburan Akhir Tahun, Ayo Rawat Kopermu Dengan Cara Mudah Ini!
source: https://apex.aero
baca juga



Bersihkan Dengan Cara yang Benar


Setelah semua barang keluar dari koper, segera bersihkan kopermu dengan cara yang benar. Jika kopermu terbuat dari polyester, lap dengan kain basah dan keringkan segera. Jika terbuat dari bahan canvas, bersihkan permukaan luar dengan sikat kecil.

Nah, kamu juga dapat membersihkan koper dengan vacuum cleaner setelah bepergian agar tetap bersih dan bebas dari debu. Jangan lupa bersihkan sampai ke sudut dan lipatan terdalam pada koper ya.

Jika kamu membersihkan dengan kain basah, sebaiknya segera keringkan agar koper tidak lembap dan berjamur. Kamu bisa memberikan kamper atau silica gel untuk mengurangi kelembapan.

Sebelum Liburan Akhir Tahun, Ayo Rawat Kopermu Dengan Cara Mudah Ini!
source: https://www.youtube.com/watch?v=CR6GZpsRYZE



Segera Perbaiki Bagian yang Rusak


Setelah pulang traveling, perhatikan apakah ada bagian koper yang rusak. Koper dapat berisiko rusak karena dilempar dan dibanting oleh petugas bandara. Cek juga apakah ada resleting yang rusak.

Jika ada bagian koper yang rusak, maka perbaikilah segera. Bagian yang rusak ini akan semakin sulit diperbaiki jika kamu menunda cukup lama.

Sekarang ini sudah banyak tempat reparasi koper yang handal dengan biaya yang terjangkau. Jangan lupa untuk menanyakan kerusakan kopermu terlebih dahulu kepada tukang reparasi agar kamu mendapat gambaran yang jelas dan bisa menentukan bagaimana memperbaikinya.

Sebelum Liburan Akhir Tahun, Ayo Rawat Kopermu Dengan Cara Mudah Ini!
source: http://www.oasisxpress.co.uk
baca juga



Simpan Koper Dengan Benar


Jika semua sudah dilakukan, tips merawat koper yang terakhir adalah tentang penyimpanan. Ada beberapa bahan koper yang tidak tahan suhu panas, sehingga koper akan memuai dengan cepat. Oleh sebab itu, simpanlah kopermu di tempat yang kering dan sejuk.

Sebelum menyimpan, bungkuslah koper dengan kertas koran atau plastik untuk melapisi agar koper terhindar dari debu yang menempel. Kemudian simpan pada suhu ruang seperti di kamar atau di gudang dengan kelembapan yang baik.

Sebelum Liburan Akhir Tahun, Ayo Rawat Kopermu Dengan Cara Mudah Ini!
source: https://michaelkummer.com