Do: Mencuci Rambut dengan Benar


Cuci rambut menggunakan produk yang tepat dan cara yang benar. Tandanya, kamu perlu menyesuaikan jenis rambutmu dengan shampooconditioner, dan hair mask yang kamu pakai. Misalnya, produk khusus rambut kering, rambut rusak, atau diwarnai.

Saat mencuci rambut, usahakan agar shampoo dipusatkan pada bagian kulit kepala saja. Faktanya, bagian rambut yang paling mudah kotor adalah kulit kepala, karena selalu memproduksi sebum dan sel kulit mati. Bagian tengah hingga ujung rambut enggak mudah kotor kecuali kamu sering menggunakan produk styling seperti hairspray. Bayangkan kalau bagian ujung rambut yang rentan kering dan pecah-pecah sering terkena shampoo? Tepat sebelum membilas, bersihkan batang rambut dengan shampoo, dengan gerakan lembut. 
 

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Oleh Si Pemilik Rambut Panjang
source: https://www.groupon.com



Don't: Mengikat dan Menyisir Rambut


Setelah selesai keramas, mungkin kamu tergoda untuk mengikat rambut atau menyisir rambut yang kusut. Tahan dulu keinginan itu, karena rambut yang basah ternyata lebih mudah patah. Solusinya, sisir dulu dengan jari atau sisir bergigi jarang setelah menggunakan conditioner, lalu gunakan jepit rambut.
 

 

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Oleh Si Pemilik Rambut Panjang
source: http://www.tobruckave.com
baca juga



Do: Lindungi Rambut


Tanpa disangka, sinar matahari, air laut, dan air kolam renang dapat merusak rambut. Ketiganya membuat rambut kering, kasar, dan lebih mudah patah. Ketika hendak berjemur, pakai protectant spray sebelum mengikatnya jadi high bun, agar tak banyak terekspos sinar matahari.

Sebelum berenang, pemilik rambut panjang wajib membasahi rambut agar air kolam renang nggak banyak diserap oleh rambut. Seusai berenang, segera cuci rambut menggunakan shampoo.
 

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Oleh Si Pemilik Rambut Panjang
source: https://www.tlcdirect.org



Don'tStyling Products


Kalau ingin rambut panjang tampil prima, hindari menggunakan produk-produk tata rambut seperti hairspray atau pengering rambut dan catokan terlalu sering. Faktanya, hairspray mengandung alkohol yang dapat membuat rambut makin kering dalam jangka panjang, lho. Heat styling tools umumnya menggunakan temperatur hingga 180°C yang amat merusak rambut.

Terpaksa? Pakai heat protection spray seperti TRESemme Keratin Smooth Heat Protection Shine Spray sebelum menata rambut dengan suhu tinggi.
 

 

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Oleh Si Pemilik Rambut Panjang
source: https://www.tokopedia.com
baca juga



Do: Jaga Kelembaban Rambut


Tips perawatan rambut panjang yang satu ini perlu kamu lakukan secara rutin. Karena bagian tengah hingga ujung rambut panjang sulit mendapatkan nutrisi secara alami, maka adalah tugasmu untuk merawatnya dari luar. Jangan pernah lupakan pentingnya menggunakan conditioner, hair oil, serum, dan hair mask secara teratur. Conditioner wajib digunakan setelah keramas, sementara serum digunakan saat rambut setengah kering atau kering sempurna. Beri nutrisi pada rambut dengan deep treatment 1-2 kali seminggu menggunakan hair oil atau hair mask.
 

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Oleh Si Pemilik Rambut Panjang
source: https://www.leaf.tv