Utamakan Kualitas Bukan Harga

Banyak pembalut dengan harga murah atau harga promo. Sebaiknya jangan termakan dengan iklan ya, ladies. Pembalut yang murah belum tentu cocok dengan kulitmu, terlebih jika melukai atau membuat iritasi pada seputar vagina. Tentu hal ini menjadi tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Pembalut yang akan kamu pakai harus pembalut yang berkualitas baik, namun tidak harus mahal. Cara sederhana membuktikan pembalut yang tidak baik:

  • Isilah air putih pada gelas transparan
  • Sobek pembalut dan ambil dalamnya
  • Celupkan bagian dalam pembalut dan aduk
  • Lihat perubahan warnanya
  • Jika pembalut hancur dengan warna keruh, maka pembalut menggunakan bahan dengan kualitas yang buruk
Harga murah belum tentu berkualitas baik ya, walaupun tidak semua ladies.
Utamakan Kualitas Bukan Harga
source: http://homestaypacitan.com


 

Pilih Pembalut dengan Daya Serap yang Baik

Tiap wanita mempunyai volume darah yang berbeda pada setiap masa haidnya. Pada wanita tertentu, volume darahnya berjumlah banyak dengan rentang hari yang panjang. Oleh sebab itu, memilih pembalut dengan daya serap yang tinggi sangat dianjurkan. Cobalah dengan cara berikut untuk mengetahui daya serap yang baik:

  • Masukkan air sekitar 30 - 50 ml / cc pada permukaan pembalut
  • Diamkan beberapa saat dan tekan yang kuat dengan selembar tisue kering
  • Jika tisue menjadi sangat basah, berarti daya serap pembalut kurang baik
Pilih Pembalut dengan Daya Serap yang Baik
source: http://www.republiku.com


 

baca juga

Perhatikan Kemasan

Sebelum membeli pembalut, biasakan melihat kemasan pambalut. Kemasan harus tertutup rapat dan terbungkus dengan baik. Tidak ada bekas robekan atau bekas tambalan pada bungkus pembalut. Kemasan yang terbuka dijamin pembalut sudah terkena debu atau kotoran lain. Pembalut seperti ini tentu tidak higenis untuk daerah organ intim. Jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsa yang biasa tertera pada kemasan. Tanggal yang sudah hampir kadaluarsa biasanya dijual dengan harga promo agar cepat laku. Hindari membeli pembalut seperti ini ya, ladies.

Perhatikan Kemasan
source: http://bangka.tribunnews.com


 

Jangan Memilih Pembalut yang Wangi

Saat haid, organ intim tidak memerlukan pembalut dengan aneka pewangi, seperti yang banyak dijual di pasaran. Pembalut yang mengandung parfum, deodoran atau wewangian jenis lain akan menyebabkan iritasi pada vagina. Bahan pewangi tidak baik bagi organ intim, karena biasanya bahan pewangi ini mengandung zat - zat kimia yang berbahaya, tanpa kamu ketahui. Gatal-gatal sekitar vagina, jamur atau bernanah adalah efek jangka panjang dari pembalut yang mengandung zat kimia. Dengan tingkat keasaman vagina yang berkisar pada pH 4,5, zat-zat kimia justru dapat mengurangi tingkat keasaman pada vagina.

Jangan Memilih Pembalut yang Wangi
source: http://lifestyle.kompas.com


 

baca juga

Gunakan Pembalut Sesuai Kegiatan

Di pasaran banyak disediakan pembalut dengan aneka fungsi.

  • Untuk kamu yang aktif bergerak atau lebih sering bekerja di luar ruang, sebaiknya gunakan pembalut dengan sayap atau wing. Pembalut bersayap akan membantumu mencegah darah keluar ke celana dalammu. Dengan demikian, kamu tak perlu kuatir darah akan menembus celana dalam atau bahkan pakaian luarmu
  • Sedangkan yang banyak bekerja di balik meja, kamu tidak perlu memakai pembalut dengan wing. Pilihlah pembalut biasa dengan daya serap tinggi
  • Saat haid kamupun dapat berolahraga dengan baik, yaitu dengan menggunakan pembalut yang lembut dan mempunyai serap tinggi.
  • Di malam hari, kamu dapat mengganti pembalut khusus untuk tidur. Biasanya pembalut jenis ini dijual di pasaran dengan keterangan untuk dipakai di malam hari. Ukurannya lebih panjang daripada pembalut biasa. Kamupun dapat tidur dengan nyenyak tanpa kuatir.
Gunakan Pembalut Sesuai Kegiatan
source: https://www.vemale.com


 

Tips Penting Menjaga Organ Wanita

Walaupun kamu telah memilih pembalut yang aman dan nyaman, bukan berarti kamu tidak menjaga organ intim. Tentu organ intim kewanitaan harus dijaga kebersihannya, terutama saat haid. Berikut tipsnya ya, ladies

  • Selalu mengganti pembalut secara rutin setiap 3 - 4 jam sekali, walaupun darah yang keluar tidak banyak. Khusus untuk wanita yang aktif bergerak, usahakan tiap 2 jam sekali mengganti pembalut, pada 2 hari pertama.
  • Saat haid, hindari menggunakan celana yang ketat, karena celana yang ketat akan menekan otot pada organ intim dan membuat organ intim makin lembab
  • Pakailah celana bahan yang terbuat dari katun agar daerah organ intim terasa nyaman
  • Basuhlah organ intim dari depan ke belakang, agar bagian depan terhindar dari bakteri yang menempel pada anus
  • Cucilah tangan dengan sabun hingga bersih sebelum mengganti pembalut
Tips Penting Menjaga Organ Wanita
source: http://www.selipan.com