Perlukah Mencuci Celana Jeans Baru?


Dilansir dari situs The Laundress, celana jeans baru wajib dicuci. Menurut Apartement Therapy, banyak bahan kimia mungkin masih menempel pada celana jeans baru, misalnya formaldehid yang digunakan untuk mencegah jamur dan memberi efek "pressed jeans". Belum lagi, sisa-sisa bakteri yang menempel ketika celana jeans dicoba oleh orang lain sebelum kita beli. Daripada pusing menebak-nebak, lebih baik mengambil jalan aman dan mencuci celana jeans baru.

Selain alasan kebersihan, mencuci celana jeans baru dapat mencegah warna jeans luntur dan menempel pada pakaian, aksesoris, atau kulit. Jangan lupa untuk mencuci celana jeans sebelum membawanya ke tukang permak, karena ukuran jeans dapat berubah setelah dicuci.
 

Penting! Ketahui Tips Mencuci Celana Jeans Baru yang Tepat Yuk!
source: http://www.donnad.it


1. Lindungi – Agar celana jeans enggak cepat rusak, cuci celana jeans dalam keadaan terbalik. Dengan ini, bagian luar celana jeans akan terlindungi dari gesekan, sekaligus mempertahankan warna dan kondisi bahan jeans. Kalau celana jeans yang hendak dicuci memiliki aksen ripped dan embroidery atau tambahan detil hardware, balik lalu gunakan kantong cucian khusus agar jeans tidak rusak karena gesekan. Kalau enggak ada, cukup masukkan ke dalam sarung bantal sebelum dicuci menggunakan mesin cuci.
 

Penting! Ketahui Tips Mencuci Celana Jeans Baru yang Tepat Yuk!
source: https://www.aliexpress.com
baca juga


2. Deterjen – Memang ada beberapa sabun deterjen khusus yang dapat mempertahankan warna dan kualitas celana jeans. Misalnya, Vintage Wash buatan Jepang, atau sabun khusus untuk pakaian berwarna gelap untuk mencuci jeans berwarna gelap. Akan tetapi kalau celana jeansmu bukan tipe branded denim atau designer denim dengan harga mahal, deterjen biasa tak akan merusak celana jeans, kok.


3. Air – Mencuci celana jeans berwarna gelap dengan air dingin akan meminimalisir lunturnya warna, sementara mencuci celana jeans berwarna putih dengan air panas akan membuatnya selalu nampak seperti baru. Kalau enggak yakin, pilih air suam-suam kuku.


4. Pengaturan – Dari keseluruhan proses mencuci, yang perlu diwaspadai adalah mode spin atau putar, di mana tabung mesin cuci akan berputar kencang untuk mengeluarkan air pada pakaian basah. Kalau tak suka dengan distressed denim, hindari menggunakan mode ini dalam waktu lama.


5. Keringkan – Jemur seperti biasa, tentunya dalam keadaan terbalik agar warna enggak lekas pudar. Jangan digantung atau dijepit, sampirkan saja pada jemuran, dan jemur dalam posisi horizontal, atau gantung secara terbalik. Ini akan mencegah celana jeans melar.

Penting! Ketahui Tips Mencuci Celana Jeans Baru yang Tepat Yuk!
source: http://hellaheaven-ana.blogspot.co.id