Lenny Agustin

Perancang busana ternama yang identik dengan gaya rambut pendek dan penampilan yang cukup nyentrik ini terbilang bukan orang baru dalam dunia fashion Indonesia terutama dalam merancang busana batik. Kecintaannya akan keragaman budaya nusantara yang membuat Lenny kerap memasukkan unsur lokal pada setiap karyanya. Ia kerap memadukan batik, tenun, sarung, lurik, songket dengan bahan lain yang juga dikombinasikan dengan berbagai aksen yang menjadi ciri khasnya.

Tak heran, desain busana yang dikeluarkannya selalu berbeda dan berhasil menarik perhatian banyak orang. Lenny juga sempat memamerkan karyanya  ke dunia internasional lewat pameran dagang internasional Who’s Next yang digelar di Paris. 

http://assets.kompas.com/data/photo/2013/10/02/1731510IMG-9427780x390.jpg
source: http://lennyagustin.com/



Ghea Panggabean
Wanita yang lahir di Rotterdam, Belanda ini merupakan salah satu desainer Indonesia yang berhasil meendapatkan pujian saat mengikuti peragaan busana di Milan beberapa tahun silam. Ghea, berhasil mengemas kain tradisional menjadi busana yang begitu cantik.

General Manager Alta Roma yang merupakan Asosiasi Mode dan Perancang Busana di Roma kala itu menjadi salah satu orang memuji kreativitas Ghea dalam mengemas kain tradisional. Adapun kain tradisional yang pernah di eksplore Gea  adalah batik Kudus dan Garut. Keindahan batik Kudus dan Garut ini dipamerkan Gea pada tahun 2013 dalam sebuah peraggaan busana yang digelar oleh Rumah Pesona Kain.

http://ghiboo.com/wp-content/uploads/2013/10/Ghea_Panggabean_-_JFFF_7.jpg
source: http://ghiboo.com



Iwan Tirta
Kecintaan Iwan Tirta terhadap keanekaragaman budaya Indonesia membuatnya kerap menyatukan unsur budaya Indonesia pada setiap busana yang dirancangnya. Pria yang kini telah tiada ini memang kerap mengemas batik menjadi karya yang out of the box dan juga inside the box. Akan tetapi ditengah sentuhan yang baru dan berbeda yang diberikan pada setiap koleksinya, Iwan tetap berusaha untuk menjaga pakem yang ada. Adapun setelah Iwan Tirta tiada, desainer Era Soekamto lah yang melanjutkan Iwan Tirta menjadi Creative Director terbaru Iwan Tirta Private Collection. Era pun berhasil membawa batik karya sang maestro go international pada tahun 2012 silam lewat peragaan busana di acara Indonesia Night yang digelar di Madrid, Barcelona, dan Spanyol. Tak hanya itu saja, batik karya Irwan Tirta juga pernah dikenakan oleh tokoh dunia sekelas Nelson Mandela. 

source: http://infokebaya.com



Carmanita
Desainer batik Indonesia ini setidaknya sudah lebih dari 20 tahun berkarya dengan kain batik. Carmanita pun akhirnya berhasil memperkenalkan batik ke dunia internasional. Desainer Indonesia satu ini bahkan sempat diminta untuk menghias merek ban dan mobil dunia. Saat Mercedez Benz merayakan ulang tahun ke 40, Carmanita-lah yang mendesain mobil Mercedes Benz menjadi kendaraan yang sangat kental dengan budaya Indonesia lewat desain batiknya. 

http://batiklopedia.com/wp-content/uploads/2016/05/DSC_7771-min.jpg
source: http://batiklopedia.com



Ramli
Lewat fashion show yang digelar di kota-kota dunia, Ramli berusaha untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia lewat kolesi busananya. Saking berdidikasinya, sebelum wafat, Ramli sempat membawa nama Indonesia di Hamburg, Jerman dan Den Haag, Belanda lewat karya yang kental dengan kekayaan nusantara.

https://hada28.files.wordpress.com/2011/12/mg_2807.jpg
source: https://hada28.wordpress.com