Tas Kulit Berbahan Suede

Tas kulit yang dibuat dari bahan suede biasanya memiliki permukaan yang halus dan sedikit berbulu. Jenis kulit suede adalah jenis kulit yang diproses secara terbalik, yakni disamak dari bagian dalam kulit hewan. Teksturnya yang lembut disukai oleh sebagian besar orang.
 

Kate Spade New York
'Sycamore Run - Cristi' Suede Fringe Crossbody Bag
source: https://www.polyvore.com

 
Cara Khusus Merawat dan Membersihkan Tas Kulit Berbahan Suede 


Nah, karena bahan suede yang lebih lembut, maka terdapat cara khusus untuk membersihkannya dan menjaga agar kulit suede tidak berubah menjadi kasar. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

Alat Pembersih
  1. Handuk
  2. Kertas kukus
  3. Sikat halus
  4. Cuka putih
  5. Penghapus pensil
  6. Pembersih suede/suede protector

Langkah Pembersihan dan Perawatan
  1. Semprot handuk dengan cairan pembersih hingga menyerap
  2. Tekan handuk yang sudah disemprot cairan pembersih ke noda yang menempel pada tas suede. Perlu diperhatikan agar tidak menggosok permukaan tas yang terkena noda, karena noda akan menyebar ke spot lainnya. Kamu bisa menggunakan hair dryer dari jarak jauh untuk memudahkan langkah pembersihan ini.
  3. Dalam keadaan kering, sikat permukaan tas yang lembut menggunakan sikat halus agar kulit bagian luar tetap lembut dan tidak berubah bentuk.
  4. Apabila tas kamu terkena noda tinta, disarankan untuk membersihkan dengan penghapus pensil dalam keadaan kering. Gunakan penghapus pensil putih untuk tas kulit suede berwarna cerah, dan penghapus pensil gelap atau hitam untuk tas kulit suede berwarna gelap.
  5. Saat menghapus noda tinta, harap lakukan dengan perlahan, ya, agar tas kulit suede milikmu tidak cepat rusak.
  6. Untuk noda membandel, bersihkan dengan cuka putih yang disemprotkan ke atas handuk. Lakukan dengan perlahan dan lembut hingga noda hilang sepenuhnya.
  7. Demi menjaga agar bentuk tas kulit suede tetap terjaga, isilah tas bagian dalam dengan koran untuk menopang tas. Jika kamu memiliki tas suede yang berwarna terang seperti Kate Spade di atas, jangan isi dengan menggunakan koran. Sebaiknya isi dalam tas kamu menggunakan kertas minyak berwarna putih. Ada baiknya masukkan silica gel untuk mengawetkan tas, setelah itu bungkus dengan dust bag dan simpan di tempat yang kering.

 
baca juga

Tas Kulit Berbahan Buk/Nubuck

Jenis tas kulit ini terdengar asing di telinga? Yup, tas kulit nubuck/buk memang sering disangka suede. Padahal kedua bahan ini berbeda, Ladies! Bahan kulit nubuck diambil dari kulit bagian luar hewan. Tentu berbeda dengan suede yang diambil dari kulit bagian dalam hewan. Proses pembuatan kulit nubuck dilakukan dengan cara menghaluskan permukaannya dengan alat yang memiliki permukaan kasar. Sehingga menghasilkan kulit yang lembut seperti suede.
Rebecca Minkoff Mini MAC Nubuck Crossbody Bag
source: https://cdna.lystit.com


Cara Khusus Merawat dan Membersihkan Tas Kulit Berbahan Nubuck/Buk


Merawat dan membersihkan tas kulit nubuck ternyata lebih mudah daripada merawat tas kulit suede. Bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan tas kulit nubuck pun mudah ditemui seperti shampo, sikat gigi halus, serta handuk.

Cara membersihkan dan merawatnya tidak kalah mudah. Hanya dengan menggosok permukaan tas yang terkena noda dengan sikat gigi dan shampo secara perlahan. Setelahnya hilangkan busa dengan handuk basah. Diamkan hingga mengering di bawah cahaya sinar matahari. Simpan dalam dust bag dan taruh di tempat kering.

 

Tas Kulit Berbahan Brush Off

Tas yang terbuat dari bahan kulit brush off dapat dikenali dengan bagian permukaan yang berkilap. Tas kulit yang terbuat dari bahan brush off selalu mudah ketika hendak dibersihkan. Tas berbahan brush off juga sering dikombinasikan dengan lapisan acrylic.

Mark Cross Grace Small Brush Off Box Crossbody Bag
source: https://www.polyvore.com

Cara merawat tas kulit brush off terbilang sangat mudah. Karena permukaannya yang licin, tidak membutuhkan keahlian khusus untuk membersihkan dan merawatnya. Cukup dengan membersihkan menggunakan cairan pembersih tas untuk menghilangkan noda.

 

baca juga

Tas Kulit Berbahan Full Grain

Tas kulit berbahan full grain ini sepertinya sering kamu temui. Jenis bahan kulit full grain adalah kulit yang di proses secara utuh tanpa mengubah atau memodifikasi struktur permukaan kulit bawaanya. Sehingga motif permukaan pori-pori kulit (grain) masih terlihat alami atau natural, sehingga tekstur kulit binatang masih terlihat cukup jelas.

Gucci Dionysus Leather Mini Chain Bag
source: https://www.gucci.com


Cara Khusus Merawat dan Membersihkan Tas Kulit Berbahan Full Grain


Merawat tas kulit berbahan full grain yaitu:
  1. Apabila tasmu basah, keringkan dengan alami. Jangan pernah menggunakan hair dryer untuk mengeringkan tas karena akan membuat kulit kaku dan melengkung. Keringkan dalam suhu ruangan normal untuk menjaga kulit tetap lentur.
  2. Usapkan tas yang sudah mengering dengan kain lembut yang telah diolesi krim lotion yang lembut.
  3. Kalau tas full grain kamu kotor, bersihkan dengan kain basah tanpa bahan kimia seperti sabun atau cairan pembersih apapun.
  4. Jangan bungkus tas dengan plastik karena hanya akan membuat tas semakin rusak. Bungkus tas menggunakan dust bag khusus tas dan simpan di tempat kering.
  5. Oleskan leather conditioner untuk menjaga tas kulit tetap awet.


 

Tas Kulit Berbahan Pull Up

Tas kulit berjenis bahan kulit pull-up adalah proses pengolahan lanjutan dari jenis kulit finish leather. Pada jenis kulit pull-up, kulit yang telah selesai di proses menjadi finish leather kemudian ditarik melar sehingga didapatkan kulit yang lebih tipis.
 

Frye Melissa Shoulder (Dark Brown Antique Pull Up) Shoulder Handbags
source: http://www.zappos.com


Cara Khusus Merawat dan Membersihkan Tas Kulit Berbahan Full Grain


Merawat tas kulit berbahan pull up yaitu:
  1. Gunakan minyak zaitun atau mink oil, teteskan ke atas lap atau kain lembut.
  2. Usapkan tas kulit pull up dengan kain tersebut ke satu arah, angin-anginkan hingga mengering.
  3. Simpan di lemari yang bebas rayap, tungau, serta hewan lainnya.
  4. Jangan bungkus tas dengan plastik karena hanya akan membuat tas semakin rusak. Bungkus tas menggunakan dust bag khusus tas. Tambahkan silica gel untuk menghalau jamur masuk ke dalam tas.
  5. Simpan dengan rapi, jangan tumpuk dengan tas lain.
  6. Jangan letakan di tempat yang terkena sinar matahari terus menerus
  7. Jika tas terkena air, keringkan menggunakan kain yang menyerap air.

Nah, sekarang sudah mengerti, kan, bermacam jenis tas kulit dan cara merawatnya. Jadi, mulai saat ini jaga dan rawatlah tasmu agar tetap awet!