Pembekuan

Pastinya Beautynesian sudah pada tahukan cara mengawetkan makanan yang satu ini. Metode membekukan makanan merupakan salah satu solusi yang paling umum untuk mengawetkan bahan-bahan makanan, baik itu mentah ataupun yang sudah matang. Tentunya untuk melakukan pembekuan, kamu harus menggunakan freezer kulkas, agar pembekuan makanan tidak gagal. Bahan pangan yang bisa kamu awetkan dengan metode ini biasanya seperti daging dan ikan, Nah khusus untuk bahan pangan seperti telur, sayuran atau buah, kamu tidak perlu memasukannya kedalam freezer. Cukup masukan kedalam kulkas dengan proses pendinginan normal, agar kesegaran bahan pangan tetap terjaga.

Pembekuan
source: http://sinarmaju.co.id/polytron-refrigerator-prn-211-kulkas-2-pintu-775944631


 

Pengawet Alami dengan Bawang

Tahukah kamu bahwa bawang memiliki kandungan Accilin yang berguna untuk memusnahkan mikroorganisme jahat yang bisa membusukan makanan dalam waktu cepat. Biasanya bawang putih digunakan untuk mengawetkan bahan pangan daging mentah dan sayuran mentah. Langkah untuk melakukan proses pengawetan alami ini cukup mudah. Masukan daging atau sayuran mentah kedalam tupperware/tempat kedap udara, lalu masukan irisan bawang putih kedalam tempat kemudian tutup dengan rapat. Dengan metode ini, kamu bisa mengawetkan daging selama 4 sampai 6 hari tanpa bahan pengawet kimia.

Pengawet Alami dengan Bawang
source: http://www.tandapagar.com/khasiat-bawang-putih/


 

baca juga

Retrot Metodh

Retrot merupakan suatu metode pengaetan makanan dengan suhu panas yang telah dikemukakan oleh profesor IPB, Purwiyanto yang telah menguji coba teknik ini. Singkatnya, kamu bisa memperpanjang umur makanan dengan cara memasaknya dengan suhu yang tempat. Takaran proses pemanasan bahan pangan/makanan adalah 120 hingga 121 derajat celcius. Setelah selesai melakukan pemanasan, simpan makanan dengan tempat kedap udara agar terhindar dari jamur pembusukan, lalu simpan ditempat yang memiliki suhu 20 derajat. Nah, buat kamu yang ingin mencobanya dirumah, jangan lupa untuk mengikuti tahap retrot secara bertahap yah. Selamat mencoba.
Retrot Metodh
source: http://luckypeach.com/recipes/deep-fried-burger/

Gimana? mudah kan tips mengawetkan makanan agar makanan tahan lama kali ini?