Menstruasi merupakan masa yang akan dialami oleh semua wanita diseluruh bagian dunia. Proses ini terjadi akibat luruhnya lapisan dinding rahim dikarenakan sel telur yang tidak dibuahi. Pada umumnya, masa menstruasi ini pasti akan dihadapi oleh wanita setiap bulannya selama 3-7 hari. Namun, tidak sedikit kaum wanita yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur, seperti datangnya masa mens 2 bulan sekali, 3 bulan sekali, hingga setahun sekali.
 

Hal ini tentunya didasari oleh beberapa penyebab yang membuat mens kamu tidak teratur atau tidak datang tepat waktu lho ladies! Oleh karena itu, kamu perlu untuk mengetahui penyebab dari tidak teraturnya siklus menstruasi kamu, atau konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab pastinya. Kamu juga bisa baca di artikel sebelumnya mengenai penyebab dan dampak haid tidak teratur. Nah, berikut ini ulasan mengenai tips datang bulan tepat waktu berdasarkan dari penyebab yang biasa dialami oleh kaum wanita pada umumnya. Chek this out!
 

1. Rutin Berolahraga dan Menjaga Berat Badan Tubuh Ideal

Ladies, kamu tahu enggak sih? Ternyata, dengan rutin berolahaga dapat membantu kamu untuk mendapatkan siklus menstruasi yang lancar, tepat waktu, dan terhindar dari rasa nyeri lho! Hal ini dikarenakan, olahraga mampu melancarkan aliran darah di tubuh kita sehingga dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi tiba nih ladies.

Lakukan olahraga ringan seperti jogging, workout dengan level easy, atau yoga sebanyak 3 kali dalam seminggu dengan durasi maksimal 1 jam saja. Dengan begitu, kamu akan mengalami siklus menstruasi yang lebih teratur dan lebih singkat.

1. Rutin Berolahraga dan Menjaga Berat Badan Tubuh Ideal
source: https://wp.mydomino.com

Sedangkan hal yang harus kamu hindari adalah olahraga ekstrim, seperti fitness dengan mengangkat beban berat. Hal ini tentunya akan berdampak pada berhentinya sementara siklus menstruasi kamu lho. Khusus bagi kamu yang sedang berusaha untuk menurunkan bobot tubuh, kamu perlu tahu nih ladies, kalau turunnya berat badan secara drastis akan membuat siklus menstruasi kamu menjadi tidak normal atau tidak datang tepat waktu.

Begitu pun sebaliknya, naiknya berat badan secara drastis bisa menyebabkan siklus menstruasi kamu menjadi tidak teratur. Maka dari itu, kamu perlu banget nih ladies menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kamu dengan baik dan tepat.

 

baca juga

2. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Ladies, penyebab lain dari tidak teraturnya siklus menstruasi kamu adalah gaya hidup yang tidak sehat lho, seperti tidak menerapkan pola makan yang seimbang dan teratur, pola tidur yang berantakan, tidak pernah berolahraga, hingga mengonsumsi minuman beralkohol, obat-obatan terlarang, dan merokok. Kalau kamu seringkali melakukan hal diatas, jangan heran kalau siklus menstruasi kamu selalu melesat dari tanggal seharusnya ya. Coba deh untuk kamu me-manage dirimu sendiri dengan mencoba gaya dan pola hidup yang sehat. Pasti kamu akan mendaptkan siklus menstruasi yang teratur dan tepat waktu!

2. Terapkan Gaya Hidup Sehat
source: http://www.ladycarehealth.com

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan ladies bagaimana tips datang bulan agar tepat waktu? Tidak ada lagi kata mens terlambat lagi deh setelah kamu menerapkan tips-tips ini!