Kualitas dan Kesesuaian Kondisi Barang



Belanja Online

Saat kamu memutuskan belanja online, itu artinya kamu sepenuhnya berpasrah dengan kondisi dan kualitas barang yang akan kamu terima. Meski kamu memesan rekomendasi brand yang sudah terkenal bagus, saat berbelanja online kamu hanya akan melihat foto produk tanpa menyentuh atau mencobanya langsung. Beberapa hal yang akan kamu rasakan berbeda adalah kondisi barang, ukuran, hingga kesesuaian warna.
Namun, jika online shop tempat kamu berbelanja memberikan fasilitas COD atau cash on delivery, kamu dapat memeriksa produk yang akan kamu beli sebelum kamu membayarnya. Biasanya COD hanya bisa dilakukan untuk produk tertentu seperti alat elektronik.


Belanja Offline

Jika kamu memutuskan untuk berbelanja offline atau langsung ke toko, kamu dapat memeriksa langsung kualitas dan kondisi barang yang akan kamu beli. Hal ini mencakup semua jenis barang, termasuk pakaian hingga barang elektronik.

Kualitas dan Kesesuaian Kondisi Barang
source: https://www.visithoustontexas.com/things-to-do/shopping/


 

baca juga

Harga dan Uang yang Dikeluarkan


Belanja Online

Untuk soal harga, belanja online akan menjadi solusi terbaik untuk melihat harga produk termurah dan termahal sekaligus dalam waktu singkat. Namun, perhatikan ongkos kirim yang harus kamu tanggung. Memeriksa lokasi penjual adalah hal penting sebelum kamu menyetujui pembelian. Tanyakan lokasi dan ongkos kirim yang akan kamu tanggung.


Belanja Offline



Saat berbelanja langsung ke toko, kamu perlu waktu yang cukup lama untuk membandingkan produk yang sama dengan harga yang berbeda. Kamu perlu berkeliling untuk membandingkan dari satu toko ke toko lain.
Untuk cost tambahan akan ada pada ongkos kamu berangkat dari rumah. Pertimbangkan jauhnya toko saat akan pergi berbelanja. Akan lebih baik jika kamu sudah tahu lokasi dan harganya, sehingga kamu akan lebih hemat.

Harga dan Uang yang Dikeluarkan
source: https://uangteman.com/blog/tips-trik/5-cara-mendapatkan-uang-dengan-cepat-dan-legal/


 

Energi dan Waktu



Belanja Online

Berbelanja online tidak akan memakan energi banyak karena kamu hanya akan duduk dan memeriksa smartphone atau laptop untuk mencari produk yang ingin kamu beli. Kamu juga akan lebih hemat waktu karena kamu hanya akan mencari produk yang akan kamu beli. Produknya pun langsung sampai ke rumah, tanpa kamu harus mengambil dan membawanya pulang.


Belanja Offline

Berbeda dengan berbelanja online, saat kamu berbelanja langsung ke toko, kamu akan lebih banyak menghabiskan energi dan waktu. Apalagi jika berbelanja ke toko, kamu akan dengan mudah melihat-lihat barang lain sehingga waktu kamu habis untuk melihat barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan.

Energi dan Waktu
source: http://www.livemint.com/Industry/aYeF7H62bnY5xGuf3osdJL/Buyers-do-mix-of-online-offline-shopping.html


 

baca juga

Risiko Fraud


Belanja Online

Berbelanja online memiliki risiko penipuan yang cukup besar. Apalagi jika kamu membeli produk dari online shop yang belum memiliki review penjualan. Beberapa kasus penipuan dalam mekanisme belanja online tidak hanya terjadi pada pelanggan sebagai korban, tetapi juga penjual. Oleh sebab itu, kehati-hatian sangatlah penting untuk diperhatikan saat kamu berbelanja online.
 



Belanja Offline

Berbelanja langsung ke toko juga memiliki kemungkinan penipuan walaupun tidak sebesar risiko saat berbelanja online. Kamu tetap harus berhati-hati dan memeriksa produk yang akan kamu beli dengan saksama agar tidak menyesal saat pulang membawa barang yang ternyata tidak sesuai dengan harapan.

Risiko Fraud
source: http://www.sentrakantor.com/artikel/tips-berbelanja-online-agar-terhindar-dari-penipuan.html

Berbelanja online dan offline (langsung ke toko), memiliki kedua sisi positif dan negatif. Kamu dapat mempertimbangkan mana yang lebih baik untuk kamu lakukan dengan meminimalisasi kemungkinan hal negatif terjadi. Semoga positif dan negatif belanja outfit di toko dan online shop ini bermanfaat ya!