Meskipun menjalani hubungan jarak jauh sangat sulit untuk dilakukan, namun hal ini ternyata memiliki keuntungan tersendiri bagi kamu yang menjalaninya dengan tabah dan setia kepada pasangan kamu meskipun harus banyak menahan sabar. Nah, apa saja sih keuntungan dari LDR?



Keuntungan LDR


Ini Keuntungan dan Kerugian LDR, Kamu Setuju Enggak?
source: https://www.vebma.com


 

baca juga

Mandiri

Dengan adanya jarak yang jauh di antara hubungan, LDR akan membuat pribadi masing-masing pasangan akan berusaha untuk menyelesaikan masalah pribadinya sendiri, sehingga tanpa disadari kamu akan mulai terbiasa untuk hidup lebih mandiri tanpa bantuan langsung dari pasangan kamu ketika menghadapi suatu masalah. Nah,keuntungannya lagi adalah ketika kamu sudah bersatu kembali dengan pasangan kamu, ada kemungkinan gaya pacaran kamu akan lebih dewasa, karena kamu sudah terbiasa menerima kekurangan dari pasangan kamu saat masa LDR sehingga kamu akan lebih bijak dalam menghadapi suatu masalah bersama.


 

Menghargai

Sama seperti poin diatas bahwa masa LDR adalah masa dimana kamu belajar untuk lebih menghargai ego satu sama lain. Menghagai waktu masing-masing dengan cara tidak memaksakan untuk selalu berbalas pesan ataupun telepon sehingga semua waktu kamu habiskan hanya untuk mengobrol. Kalian juga akan lebih menghargai pribadi masing-masing dengan cara tidak memaksakan kehendak yang tidak dinginkan atau yang bisa membuat masalah, karena menyelesaikan masalah tanpa bertatap muka akan jauh lebih sulit untuk diselesaikan.


 

baca juga

Komitmen

Keuntungan yang terakhir adalah kamu akan belajar bertanggungjawab dengan komitmen kamu. Tidak mudah untuk menjaga komintmen yang sudah kamu utarakan, namun dengan adanya hubungan jarak jauh ini maka kamu akan dipaksa untuk membuat komitmen yang paten. Di sini akan jelas terlihat, jika kamu memang bertahan dengan komitmen, maka hubungan kamu akan bertahan dan semakin baik kedepannya. Namun, jika tidak, maka bisa jadi hubungan kamu tidak akan berjalan lancar.



Kerugian LDR


Komitmen
source: https://blog.tokopedia.com


 

Kesepian dan Sulit Berkomunikasi

Kalau berbicara soal kerugian, LDR sendiri sudah merupakan hal yang merugikan karena rentan dengan masalah kepercayaan dan komitmen, namun ada satu kerugian paling umum yang akan kamu rasakan ketika menjalin hubungan jarak jauh yaitu kesepian dan miskomunikasi. Rentan kesepian adalah salah satu penyakit yang akan paling sering kamu rasakan, meskipun kamu bisa berhubungan lewat gadget, namun tetap tidak ada yang lebih ampuh selain bertemu untuk melepaskan rasa rindu.

Bagaimana menurutmu, Beautynesian? Apakah kamu setuju dengan keuntungan dan kerugian LDR di atas?