1. Negeri 5 Menara

Film ini merupakan adaptasi dari sebuah buku karya Ahmad Fuadi. Menceritakan tentang perjuangan enam orang santri di pesantren Gontor, Jawa Timur. Film yang yang diperankan Alif, Said, Dulmajid, Atang, Baso dan Raja mempunyai mimpi untuk bisa menaklukan dunia dan mewujudkan impiannya. Negeri 5 Menara yang dirilis tahun 2012 lalu ini sangat menginspirasi. Dari film Indonesia yang menginspirasi ini kamu dapat memetik pelajaran tentang kehidupan yang sangat berharga dimana pada tokoh Alif harus merelakan mimpinya untuk tidak bisa melanjutkan sekolahnya ke kampus idamannya, ITB dan mengikuti keinginan orangtuanya untuk mondok di pesantren. Kisah di film ini mengajarkan bahwa siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil.

1. Negeri 5 Menara
source: http://www.goodreads.com/book/show/6688121-negeri-5-menara


 

baca juga

2. Merry Riana - Mimpi Sejuta Dollar

Film Indonesia yang menginspirasi diperankan Chelsea Islan sebagai tokoh Merry Riana yang penuh semangat. Berbekal uang seadanya akhirnya Merry Riana terbang ke Singapura. Film ini menceritakan tentang perjuangan Merry Riana dimana berjuang dari nol hingga mencapai kesuksesan, itu terlihat dari perjuangannya dari menawarkan asuransi hingga menjadi mahasiswi yang berhasil menyelesaikan kuliahnya dengan biaya sendiri.

Alva yang diperankan oleh Dion Wiyoko berhasil menyita perhatian penonton pada adegan Merry sangat bersemangat untuk mengejar uang dari keuntungan saham dan sosok Alva-lah yang mengajari Merry kalau hidup itu tak hanya untuk uang saja namun kebahagiaan jauh lebih penting, bukan mengenai tentang uang adalah segalanya, namun lebih ke arah bagaimana proses perjuangan tersebut. Selain persahabatan, film ini juga mengajari kita proses perjuangan hidup kegagalan dan tantangan, namun semua itu akan bisa dilalui dengan usaha yang gigih dan doa.

2. Merry Riana - Mimpi Sejuta Dollar
source: http://2.bp.blogspot.com/


 

3. 5 CM

Film ini digagas untuk menumbuhkan rasa nasionalisme anak Bangsa Tepat tanggal 17 Agustus, lima sahabat yang terdiri dari Genta, Arial, Zafran, Riani dan Ian merayakan pertemuan mereka dengan sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan dengan menggunakan kereta api. Sebuah perjalanan hati demi mengibarkan sang saka merah putih di puncak tertinggi, Semeru pada tanggal 17 Agustus. Ini merupakan perjalanan penuh perjuangan yang membuat mereka semakin mencintai Indonesia. Film Indonesia yang menginspirasi ini adalah sebuah perjuangan atas impian, perjalanan hati yang merubah hidup mereka untuk selamanya. 

3. 5 CM
source: http://4.bp.blogspot.com/


 

baca juga

4. Laskar Pelangi

Film Indonesia yang menginspirasi ini sebuah cerita yang diangkat dari novel karangan Andrea Hirata mengisahkan tentang sebuah desa di Balitong, dengan seluruh keterbatasannya, bahkan sebuah sekolah sederhanapun hampir dibubarkan karena kuota tidak ada sebuah sekolah tidak terpenuhi. Hanya berbekal semangat untuk memperbaiki nasib, anak-anak ini kemudian bersekolah dan belajar terus menerus dengan kesederhanaan dan keterbatasan. Dalam suatu kesempatan lomba 17 Agustusan, mereka membawaakan tarian tradisional yang benar menyumbangkan piala pertama untuk sekolah mereka yang hampir rubuh.

4. Laskar Pelangi
source: http://luthfan.com/sinopsis-novel-laskar-pelangi/


 

5. Surat Kecil Untuk Tuhan

Gadis 13 tahun Gita Sesa Wanda Cantika yang mengidap kanker ganas jaringan lunak, Rabdomio Sarkoma. Ia harus berjuang melawan kanker yang menggerogoti fisik. Penyakit mematikan itu bukan alasan untuk tetap bersekolah. Gita atau Keke rajin mengikuti ujian dalam keterbatasannya. Film yang diangkat dari kisah nyata ini salah satu dari sederet film Indonesia yang menginspirasi dan patut dijadikan contoh. Dalam keadaan tersulit kita tetap optimis dan memiliki harapan besar.

5. Surat Kecil Untuk Tuhan
source: https://hamazzakoentjoro.files.wordpress.com/