Membantu Tubuh Tetap Sehat, Kuat dan Tetap Beraktivitas


Di masa kehamilan biasanya tubuh mengalami perubahan yang cukup drastis, baik secara fisik, hormonal maupun emosional. Homon estrogen, progesteron, prolaktin, relaxin dan oksitosin akan meningkat tajam dan mengubah bentuk tubuh. Berlatih yoga akan membantu untuk beradaptasi secara konsisten terhadap perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan. Selama 9 bulan, area tubuh di bawah akan membawa beban yang lebih berat karena pertumbuhan dan perkembangan sang bayi. Banyak gerakan yoga yang akan membantu wanita hamil tetap sehat dan kuat. Di saat yang bersamaan, latihan yoga akan membantu tubuh lebih rileks dan nyaman selama masa kehamilan. Niscaya saat Lebaran tiba, tubuh tetap dapalm kondisi fit dan sehat.

Manfaat Yoga untuk Wanita Hamil Agar Tampil Sehat dan Tetap Bugar Saat Lebaran


 

Belajar Teknik Pernapasan dengan Lebih Baik


Pada saat berlatih yoga, akan ada sesi khusus melatih teknik pernapasan, minimal 15 menit. Berlatih teknik pernapasan akan memberikan efek yang baik pada fisik dan mental. Di masa kehamilan, seringkali perubahan hormon yang terjadi tidak hanya berpengaruh pada diri sendiri secara fisik, namun juga membuat emosi dan mood naik turun tanpa alasan. Bila latihan pernapasan sudah dijalankan dengan baik, hal ini tentu akan membantu mengontrol emosi selama kehamilan. Dengan prenatal yoga, berlatih teknik pernapasan juga akan meningkatkan kualitas napas sang ibu, sehingga memaksimalkan asupan oksigen dari sang ibu ke bayi selama kehamilan.

Manfaat Yoga untuk Wanita Hamil Agar Tampil Sehat dan Tetap Bugar Saat Lebaran
source: https://family.fimela.com


 

baca juga

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh dan Mengurangi Sakit Pinggang


Masalah umum yang sering dialami oleh ibu hamil adalah kehilangan keseimbangan tubuh. Pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam rahim juga sering mengakibatkan sakit yang berkepanjangan di pinggang. Latihan prenatal yoga akan membantu melancarkan sirkulasi darah, keseimbangan tubuh dan membantu merenggangkan otot pinggang. Dengan demikian, sakit atau nyeri di pinggang akan dapat diminimalkan dengan berlatih yoga. Tidak mau kan saat lebaran, tiba - tiba pinggang jadi bermasalah. Oleh sebab itu latihan rutin sangat diperlukan.

Manfaat Yoga untuk Wanita Hamil Agar Tampil Sehat dan Tetap Bugar Saat Lebaran
source: http://www.klikdokter.com


 

Melatih Diri dan Mempersiapkan Area Pinggul untuk Proses Melahirkan


Dalam prenatal yoga, banyak postur yang dilatih untuk membantu mempersiapkan otot - otot di area pinggul, agar area ini lebih lemas dan lentur saat proses melahirkan berlangsung. Beberapa postur seperti squat atau jongkok, biasanya dilatih berulang kali untuk membantu membuka area pinggul atau pelvis. Tak hanya latihan fisik, seringkali latihan ini digabungkan dengan periapan mental, misalnya berlatih cara - cara memadukan napas dengan postur serta mengontrol rasa sakit saat kontraksi berlangsung. Tentu hal ini sangat bermanfaat untuk periapan melahirkan secara normal. Namun selain itu, tentu Lebaran akan jadi acara yang lebih berkesan, karena tubuh tetap sehat dan bugar.

Manfaat Yoga untuk Wanita Hamil Agar Tampil Sehat dan Tetap Bugar Saat Lebaran
source: http://www.kehamilanku.web.id


 

baca juga

Membantu Relaksasi dan Melatih Diri Lebih Mudah Beristirahat


Di masa kehamilan, biasanya sang ibu cenderung cemas sepanjang waktu. Misalnya sang ibu cemas akan pertumbuhan sang bayi, persiapan melahirkan atau bahkan pemilihan bahan - bahan bernutrisi untuk asupan makanannya. Saat memasuki trisemster ketiga, biasanya wanita hamil sulit memilih posisi tidur karena insomnia yang menyerang. Berlatih prenatal yoga akan membantu sang ibu lebih tenang dan nyaman ketika perasaan cemas ini menyerang. Insomnia juga dapat dihalau dengan latihan pose relaksasi atau savasana sembari mendengarkan musik. Dengan demikian, persiapan untuk menyambut Lebaran yang membutuhkan tenaga ekstra, tentu bukan masalah lagi kan?

Manfaat Yoga untuk Wanita Hamil Agar Tampil Sehat dan Tetap Bugar Saat Lebaran
source: http://obatpenyakitepilepsi.com


 

Menjalin Ikatan Mendalam Dengan Sang Jabang Bayi


Saat berlatih yoga khusus untuk hamil, banyak gerakan yang akan membuat bayi merasa nyaman. Selain itu, instruktur juga mengajarkan cara - cara berkomunikasi dengan bayi dengan cara mengusap perut sebelum memulai latihan. Ini adalah tanda sang ibu memberitahu bayinya bahwa ibu dan bayi akan bergerak bersama. Hal inilah yang akan membuat sang ibu lebih nyaman dan membiasakan berkomunikasi dengan bayinya.

Manfaat Yoga untuk Wanita Hamil Agar Tampil Sehat dan Tetap Bugar Saat Lebaran
source: http://suplemenfitness.net
Manfaat yoga untuk wanita hamil ternyata sunggu luar biasa ya. Ayo tunggu apalagi, Lebaran tinggal sebentar lagi. Selamat berlatih.