Mengistirahatkan Otak Kiri


Riset membuktikan bahwa otak kanan jauh lebih aktif dibanding otak kiri saat kita tidur. Mengingat bahwa otak kiri berperan penting dalam logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika, maka tidur siang memberi kesempatan bagi otak kiri untuk beristirahat.

Tak Disangka, Ternyata Ini Lho 4 Manfaat Tidur Siang Bagi Otak!
source: https://www.google.com/amp/s/blog.bufferapp.com/10-surprising-facts-about-how-our-brain-works/amp



Memori


Saat otak merekam informasi baru untuk pertama kalinya di hippocampus, informasi itu sangat mudah terlupakan atau "tertimbun" oleh informasi lain. Tidur siang memindahkan memori ke neocortex, bagian penyimpanan permanen di otak agar tidak mudah hilang. 

Maka dari itu, tidur siang memaksimalkan proses belajar karena memperbaiki kemampuan otak menerima dan menyimpan informasi baru.

Tak Disangka, Ternyata Ini Lho 4 Manfaat Tidur Siang Bagi Otak!
source: http://blog.speculist.com/2015/01
baca juga



Belajar


Tidur siang membantu otak membersihkan memori sementara, untuk menyediakan tempat bagi informasi baru. Akibatnya, otak dapat menyerap informasi baru dengan lebih maksimal, dan proses belajar menjadi lebih berkualitas.

Tak Disangka, Ternyata Ini Lho 4 Manfaat Tidur Siang Bagi Otak!
source: http://www.studycram.com/better-memory.html


Kemampuan Visual
Pernahkah kamu merasa sangat lelah hingga tak mampu belajar apapun? Tandanya kamu sedang memgalami burnout, yaitu kondisi saat otak tak mampu menerima informasi baru sebelum kita mendapat kesempatan untuk tidur. Ternyata, tidur siang selama 60-90 menit memberikan manfaat yang setara dengan tidur semalaman untuk mempelajari keahlian persepsi visual. Keahlian persepsi visual digunakan untuk menginterpretasikan dan mengorganisir informasi yang diberikan, serta memberinya makna.
Tak Disangka, Ternyata Ini Lho 4 Manfaat Tidur Siang Bagi Otak!
source: http://www.hras.cz/spolecenske-hry/karetni-hry/swish-karetni-hra