1) Pertama-tama, siapkan dulu semua peralatan yang akan kamu butuhkan saat memandikan anjing. Beberapa peralatan yang wajib ada adalah air hangat,  baskom, sampo atau sabun, spon, sikat mandi, sisir, handuk dan hairdryer.

2) Langkah selanjutnya adalah sisir bulu anjing sampai terlihat rapi dan tidak kusut. Perhatikan tubuhnya secara detail, kalau ternyata terdapat kutu, maka angkat kutunya dengan pinset.

3) Basuh badan anjing dengan air hangat secara perlahan, lalu beri sampo sedikit demi sedikit mulai dari kepala hingga bagian ekor. Gosok dengan spons sampai berbusa.
source: https://www.petbarn.com.au/services/diy-dog-wash


 

4) Setelah itu, sikatlah badan anjing dengan sikat mandi berpermukaan lembut. Sikat bulunya berlawanan arah supaya bisa menjangkau lapisan dalam kulitnya. Hati-hati jangan sampai mengenai mata peliharaan-mu ya, ladies!

5) Jangan lupa membersihkan bagian sekitar telinga. Bagian ini sangat sensitif, karenanya gunakan kain yang lembut dan lakukan secara perlahan.

6) Selanjutnya adalah bilas tubuhnya dengan air hangat sampai benar-benar bersih dan tak ada busa sampo yang tersisa, karena sisa busa sampo bisa menyebabkan iritasi pada kulit anjing.

7) Keringkan bulu anjing dengan handuk, dan tahap akhir dengan hairdryer dengan level panas yang sedang.

source: http://thegadgetflow.com/portfolio/bissell-barkbath-portable-dog-bathing-unit/


Voila, doggy kesayanganmu sudah bersih lagi! So, kamu bisa mengelus dan memeluknya sampa puas tanpa khawatir bau dan kotor. Cara memandikan anjing ini mudah, kan?