Karbohidrat

Penderita diabetes tetap membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi, hanya saja dalam porsi yang terbatas. Dapatkan asupan karbohidrat kompleks lewat gandum utuh (contohnya nasi merah, oatmeal, atau quinoa), ubi manis panggang, kentang, labu, serta makanan lain yang terbuat dari gandum utuh dengan tambahan gula terbatas. Lebih baik lagi kalau tidak mengandung tambahan gula, ya.

Hindari: Makanan yang terbuat dari tepung (white flour), nasi, atau gandum refinasi.

Karbohidrat
source: http://www.newhealthadvisor.com/What-Do-Complex-Carbohydrates-Break-Down-Into.html


 

Protein

Secara umum, penderita diabetes dapat mengkonsumsi protein nabati dan protein hewani, asalkan tidak mengandung lemak dan karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Pilih daging tanpa lemak seperti dada ayam, ikan, telur, tahu dan tempe, kacang-kacangan serta biji-bijian. Asupan protein yang cukup akan memberimu tenaga untuk beraktivitas.

Hindari: Makanan berprotein tinggi yang digoreng, mengandung tepung, berlemak, atau diberi tambahan gula.

Protein
source: http://www.rivertea.com/blog/protein-supplements-vs-natural-proteins-who-wins-the-battle/


 

baca juga

Sayur-Sayuran

Konsumsi sayuran memberi nutrisi dan serat penting bagi tubuhmu. Idealnya, setengah dari porsi makanmu sebaiknya terdiri dari sayur-sayuran. Untungnya, secara alami sayur-sayuran tidak mengandung banyak karbohidrat, lemak dan gula, jadi kamu boleh mengkonsumsinya dengan tenang. Dianjurkan untuk memasak sayur-sayuran dengan cara merebus, mengukus, memanggang atau menumisnya dengan tambahan bumbu terbatas.

Baca: Langkah yang Benar Mengukus Sayuran yang Benar agar Tetap Sehat dan Lezat
Ternyata Begini Cara Memasak Sayuran Hijau yang Benar agar Terasa Lezat

Hindari: Sayuran yang dimasak dengan margarin, mentega, lemak hewani, gula, atau garam, atau digoreng.

Sayur-Sayuran
source: http://www.101cookbooks.com/archives/steaming-vegetables-recipe.html


 

Buah-Buahan

Buah-buahan memang bagus bagi kesehatan karena mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang memperlancar pencernaan. Buah-buahan juga nggak mengandung lemak maupun garam berlebih, namun banyak diantaranya memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Pilih buah-buahan segar atau buah yang dibekukan, dan pastikan buah tersebut tidak memiliki kandungan gula yang kelewat tinggi.

Hindari: Buah-buahan yang mengandung banyak gula seperti mangga dan leci, serta produk buah-buahan yang ditambahi gula seperti jus atau selai buah.
Buah-Buahan
source: https://www.pinterest.com/pin/424112489884701884/
baca juga

Demikianlah makanan untuk diabetes yang harus kamu ketahui. Jangan sembarangan mengonsumsi makanan ya kalau tidak ingin terjadi hal buruk pada kesehatan Beautynesian!