1) Sediakan Kandang yang Nyaman, Bersih dan Luas

Sebelum memelihara kelinci, kamu harus menyediakan kandangnya terlebih dahulu. Kandangnya harus nyaman, bersih, teduh dan cukup luas untuk kelinci bergerak. Kalau kamu berniat memelihara dua kelinci, sebaiknya kandangnya dipisah, satu kandang untuk satu kelinci. Jangan lupa juga membersihkannya 2 kali sehari agar kandang tidak bau dan tidak lembap.

Tips Memelihara Kelinci di Rumah Agar Berumur Panjang
source: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/24/58/69/245869626467ed5155cbb6ecc5fcc25c.jpg



2) Berikan Makanan Sehat Secara Selang-seling

Ada makanan tertentu yang disukai kelinci seperti rumput hay, wortel, kangkung, lobak, kol, dan buah-buahan seperti pisang dan anggur. Sebelum memberikannya, ada baiknya dicuci terlebih dahulu. Setelah kering dan agak layu baru bisa diberikan. Jangan memberi sayuran segar agar getahnya tidak termakan. Menu makanannya juga harus diatur secara selang-seling. Misalnya hari ini diberikan wortel, maka besok bisa diberikan pepaya ataupun pisang.

Tips Memelihara Kelinci di Rumah Agar Berumur Panjang
source: http://www.therabbithouse.com/diet/grass-hay.asp
baca juga



3) Selalu Sediakan Air di Dalam Kandang

Mungkin kamu pernah mendengar kalau kelinci tidak boleh diberikan minum. Hal ini tidaklah benar. Kelinci sama seperti makhluk hidup lainnya yang membutuhkan air. Karenanya, kamu harus rutin mengganti air di dalam kandangnya setiap air.

Tips Memelihara Kelinci di Rumah Agar Berumur Panjang
source: https://www.youtube.com/watch?v=EaCU3HupxBY



4) Mengajak Kelinci Bermain

Kelinci juga perlu menikmati udara bebas. Jadi, sesekali keluarkan kelinci dari kandang dan ajak bermain di halaman yang dipenuhi rumput. Dengan mengajaknya bermain maka kamu dan hewan peliharaanmu akan makin dekat dan memercayaimu sebagai tuannya.

Tips Memelihara Kelinci di Rumah Agar Berumur Panjang
source: http://www.therabbithouse.com/blog/2011/08/27/rabbit-ball-pit/
baca juga



5) Perhatikan Kesehatan Kelinci Peliharaanmu

Ada beberapa jenis penyakit yang rentan dialami kelinci, apalagi kalau kamu tidak rajin membersihkan kandangnya, malah membiarkannya dalam keadaan lembap. Apabila kamu melihat tanda-tanda kelinci tidak nafsu makan, badan makin kurus dan terlihat lemas, maka segera bawa ke dokter hewan untuk diperiksa.

Tips Memelihara Kelinci di Rumah Agar Berumur Panjang
source: http://pavlab.com/

Semoga tips memelihara kelinci ini bisa membantumu. Good luck!