Gula - Teh Hijau - Madu

DIY scrub wajah yang pertama adalah dengan memanfaatkan gula, teh hijau dan madu. Teh hijau selain baik dikonsumsi tiap hari karena bermanfaat sebagai antioksidan, menangkal radikal bebas dan detox. Namun tidak hanya itu, teh hijau juga dapat kamu dijadikan bahan dasar scrub alami untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencegah penuaan dini. Sementara madu mengandung vitamin C, magnesium, dan asam amino yang bermanfaat untuk mencegah infeksi sekaligus menjaga kelembapan kulit. Sedangkan gula akan membantu proses scrubing untuk membersihkan kotoran yang melekat pada kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati. 

Gula - Teh Hijau - Madu
source: https://www.vemale.com/sariayu-putih-langsat/61556-diy-wajah-cerah-dan-bebas-komedo-dengan-masker-teh-hijau.html

Jika kamu berminat membuat DIY scrub wajah dengan teh hijau, caranya adalah sebagai berikut:

  • Tuang 2 sendok makan ampas teh hijau dalam mangkuk, kamu bisa gunakan.
  • Teh hijau celup tawar atau bisa juga menggunakan bubuk teh hijau.
  • Tambahkan 1 sendok makan gula, aduk rata.
  • Tambahkan 1 sendok makan madu, aduk rata.
  • Kemudian oleskan scrub pada wajah dan gosok-gosok dengan lembut.
  • Bersihkan scrub dengan waslap atau handuk basah, kemudian bilas dengan air sampai bersih.
Scrub ini bisa bertahan hingga beberapa minggu, jadi kalau kamu membuat dalam jumlah banyak kamu bisa menyimpannya dalam toples yang tertutup rapat kemudian simpan di tempat yang sejuk dan kering. 

 
baca juga

Garam - Kunyit

DIY scrub wajah berikutnya yang bisa kamu buat sendiri di rumah adalah dengan memanfaatkan bumbu dapur. Garam yang bermanfaat sebagai pembersih alami dipadukan dengan kunyit juga dapat menumpas bakteri P. acnes yang menjadi penyebab jerawat meradang. Di samping itu, kunyit juga sebagai anti inflamasi dan antioksidan. Untuk kamu yang memilki kulit berminyka sangat pas sekali jika memanfaatkan scrub ini, karena kunyit bisa mengurangi masalah minyak berlebih di kulit wajah kamu.

Garam - Kunyit
source: https://kawaiibeautyjapan.com/article/3005/cara-memutihkan-kulit-tubuh-dalam-1-minggu-dengan-kunyit

Membuat DIY scrub wajah dari garam dan kunyit:

  • Tuang 1 sendok makan bubuk kunyit atau kunyit yang sudah diparut dalam mangkuk.
  • Tambahkan garam dan sedikit air, aduk rata hingga teksturnya menyerupai pasta.
  • Oleskan pada wajah dan pijat dengan lembut.
  • Diamkan sampai kering setelah itu bisa kamu bilas dengan air bersih.
Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan scrub ini 2x seminggu.

 

Kacang Almond - Minyak Zaitun - Minyak Lavender

Camilan satu ini ternyata juga tidak hanya enak dimakan. Kacang almond nyatanya bisa kamu gunakan sebagai scrub alami. Asam lemak yang terkandung dalam kacang almond bisa mengurangi bekas jerawat dan membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat. Sementara kandungan lainnya seperti vitamin A, B1, B2, B6 dan vitamin E yang banyak manfaatnya untuk kulit membuat scrub kacang almond cocok digunakan oleh semua jenis kulit. Sedangkan minyak zaitun akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, sebagai anti bakteri dan bisa mencegah segala macam jenis infeksi. Kamu juga bisa tambahkan beberapa tetes minyak lavender yang memiliki aroma menenangkan dan memang berfungsi menenangkan sehingga membuat kamu lebih rileks.

 

Kacang Almond - Minyak Zaitun - Minyak Lavender
source: http://themuslimgirl.com/diy-almond-face-scrub/

Untuk DIY scrub wajah dari kacang almond kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Siapkan 1 sendok makan kacang almond biasa (bukan almond panggang atau asin) yang sudah ditumbuk kasar atau tepung kacang almond.
  • Tambahkan minyak zaitun secukupnya.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak lavender.
  • Aduk rata semua bahan tersebut.
  • Oleskan pada wajah dan goso perlahan.
  • Diamkan 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

 
baca juga

Ampas Kopi - Gula - Minyak Zaitun

Jika kamu memiliki bekas jerawat dan kebetulan sedang minum kopi dan memilki sisa ampas kopi, maka jangan buru-buru dibuang. Ampas kopi ini ternyata juga bisa dimanfaatkan secara langsung untuk mengatasi masalah bekas jerawat. Kafein yang ada pada kopi berfungsi sebagai vasorestrictor yang ampuh mengecilkan pembuluh darah dan mengencangkan wajah.

Selain itu, terdapat juga kandungan polifenol dan flavonoidnya yang dapat mencegah radikal bebas. Sementara kandungan lain seperti zat besi, mineral, asam organik, magnesium dan potasium juga sangat bagus untuk kecantikan kulit wajah kamu. Sedangkan madu akan menjadi pelembap alami yang baik untuk kulit karena mengandung vitamin C, magnesium dan asam amino. Minyak zaitun sebagai pelarut mengandung vitamin A, C, D, E dan K yang bermanfaat sebagai antioksidan, mencegah penuaan dini, mencerahkan warna kulit dan menghilangkan noda bekas jerawat. 

youtube:tjLGAPHzTHg
source: https://www.youtube.com/watch?v=tjLGAPHzTHg
Cara Membuat Scrub Kopi Sendiri I DIY Coffee Scrub

DIY scrub wajah ini mudah sekali membuatnya. Ambil saja langsung ampas kopi dan oleskan pada wajah. Jika kamu memang tidak minum kopi, bisa juga dengan cara lain seperti berikut:

  • Tuang 1 sendok makan bubuk kopi hitam dalam mangkuk.
  • Tambahkan gula pasir secukupnya.
  • Tambahkan minyak zaitun secukupnya hingga adonan berbentuk pasta.
  • Oleskan pada wajah dan diamkan beberapa saat atau setelah kering bisa kamu bilas dengan air sampai bersih.

Mudah bukan Beautynesian membuat DIY scrub wajah untuk menghilangkan bekas jerawat? So, ikuti caranya dan hilangkan bekas jerawat kamu mulai dari sekarang!