Dehidrasi



Dehidrasi adalah keadaan dimana kamu mengalami kekurang cairan. Gejala dari dehidrasi antara lain badan terasa letih dan lesu, konsentrasi berkurang, sakit kepala, mual, dan bahkan dalam beberapa kasus ada yang sampai jatuh pingsan karena dehidrasinya sudah keterlaluan. Jalan satu-satunya untuk mengakhiri penyakit ini ialah dengan meminum air. Tapi, bagaimanakah jika kita sedang berpuasa?

Dehidrasi
source: http://www.wowmenariknya.com/2015/06/ini-tips-untuk-mengatasi-dehidrasi-selama-puasa.html

Tenang, Beautynesian, kamu memang tidak bisa minum saat menjalankan ibadah puasa. Tapi, kamu bisa menyetarakan volume cairan yang masuk dan keluar dari dalam tubuh. Kamu bisa melakukan tips puasa berikut ini, yaitu membagi asupan kebutuhan nutrisi dan cairan kamu saat waktu berbuka puasa dan santap sahur. Namun, kamu perlu ingat juga, minumlah secukupnya, karena minum air berlebihan justru akan mendatangkan masalah lagi, yaitu penggelembungan lambung yang bisa menyebabkan mual dan muntah.

Mengurangi kegiatan di luar ruangan juga bisa kamu praktikkan lho, Beautynesian. Kamu bisa ganti kegiatan luar ruangan kamu dengan kegiatan indoor yang tidak kalah serunya. Cukup lebih peka lagi terhadap lingkungan sekitar, gunakan kreativitas, maka dengan mudah kamu akan mendapatkan ide untuk mengganti aktivitas outdoor kamu itu.

 

baca juga

Kulit Kering



Masih soal dampak negatif dehidrasi, ternyata kekurangan cairan ini dapat pula menyebabkan kulit kering. Kulit yang kering sama sekali tidak cantik terlihat. Garis dan kerutan pada kulit akan terlihat dengan jelas karena kering dan tidak ada yang melindunginya dari sengatan panas matahari.

Kulit Kering
source: http://pemutihwajah.id/kulit-kering-karena-udara-dingin/

Dengan mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung vitamin B, E, C, dan mineral Selenium, dan Zinc saat sahur dan berbuka, kamu dapat mencegah kulit kering yang menghantui kamu selama berpuasa. Jadi, tidak hanya minum air putih yang cukup, kamu pun perlu menambah asupan vitamin dan mineral lainnya agar kamu terhindar dari bahaya yang ditimbulkan dehidrasi dan kulit kering. 

Mengatasi dehidrasi dan kulit kering saat puasa tidak sesulit yang kamu bayangkan kan, Beautynesian?