Minyak zaitun sudah dimanfaatkan untuk kecantikan sejak zaman Cleopatra. Tak heran, minyak zaitun memang merupakan minyak esensial yang banyak khasiatnya. Selain mudah diserap kulit dan tidak menyumbat pori-pori, minyak ini juga memiliki kandungan antioksidan untuk mencegah penuaan dini dan keriput.

Meskipun dikatakan sebagai minyak, namun minyak zaitun tidak menyumbat pori-pori kulit seperti jenis minyak lainnya. Efektivitas minyak zaitun ini tergantung dari kondisi bekas jerawat masing-masing individu. Ada yang membutuhkan waktu lama, namun ada juga yang dalam beberapa minggu sudah menunjukkan hasil.

Selain itu minyak zaitun mengandung vitamin E yang mampu mencerahkan warna kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah termasuk noda bekas jerawat. Minyak zaitun juga berfungsi sebagai anti inflamasi yang mencegah terjadinya iritasi dan infeksi akibat jerawat sehingga membantu menghilangkan bekas jerawat. Nah, begini cara tepat menggunakan minyak zaitun untuk bekas jerawat yang bisa kamu coba!



1. Pemijatan

Langkah pertama ini sangat sederhana dan mudah, yaitu hanya dengan menggunakan minyak zaitun untuk memijat kulit di area bekas jerawat selama 5 menit. Setelah itu biarkan minyak meresap sampai kurang lebih 20 menit lalu bersihkan wajah dengan air hangat tanpa menggunakan sabun dan keringkan.

Lakukan hali ini setiap hari sebelum tidur. Jika bekas jerawat tergolong parah, kamu bisa melakukannya 2x sehari. Melalui proses pemijatan ini kamu juga bisa melembutkan bekas jerawat yang berupa jaringan parut, sehingga memudahkan kamu untuk melaksanakan langkah perawatan selanjutnya.

baca juga
4 Langkah Mudah untuk Hilangkan Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun
source: http://wardahonlines.com/cara-menghilangkan-jerawat-secara-alami-selamanya-dengan-buah-buahan/



2. Penguapan

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak zaitun selanjutnya adalah dengan proses penguapan. Pemijatan dengan minyak zaitun yang kemudian disertai penguapan akan membantu proses pemudaran bekas jerawat dengan cepat.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merebus air yang dicampur dengan minyak zaitun hingga menghasilkan uap dalam jumlah banyak. Taruh air yang sudah mendidih tersebut dalam baskom dan dekatkan wajah kamu di atasnya dengan jarak sekitar 40 cm (jangan terlalu dekat). Diamkan kurang lebih 8 - 10 menit, kemudian keringkan wajah dengan handuk.

4 Langkah Mudah untuk Hilangkan Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun
source: http://www.ledisia.com/bekas-jerawat/berbagai-cara-penyembuhan-bekas-jerawat-menggunakan-minyak-zaitun/



3. Pengelupasan (Eksfoliasi)

Setelah pemijatan dan penguapan, langkah berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah proses eksfoliasi atau pengelupasan yaitu melakukan scrubbing dengan minyak zaitun. Untuk proses ini, kamu perlu mencampur minyak zaitun dengan bahan lain, misalnya:

  • Minyak zaitun dengan Baking Soda

Caranya, campurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan baking soda hingga berbentuk pasta. Kemudian gunakan campuran pasta tersebut pada wajah yang memiliki bekas jerawat. Gosoklah dengan melingkar dan lakukan proses ini selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan handuk basah.

  • Minyak Zaitun dengan Garam Laut
Minyak zaitun dengan garam laut juga bisa digunakan sebagai scrub untuk menghilangkan bekas jerawat. Campur 1 sendok makan dengan 2 sendok makan garam laut. Sama seperti campuran minyak zaitun dan baking soda, buat hingga menyerupai pasta dan gunakan sebagai scrub. Gosokkan perlahan selama 3 - 4 menit pada area bekas jerawat dengan gerakan melingkar, kemudian bersihkan dengan handuk basah.
baca juga
 

 

4 Langkah Mudah untuk Hilangkan Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun
source: https://pemutihwajahkezia.blogspot.co.id/2015/03/7-kesalahan-eksfoliasi-wajah-yg-mesti.html



4. Perawatan

Langkah terakhir berupa perawatan dengan mencampur 5 tetes minyak zaitun dan 3 tetes tea tree oil lalu oleskan pada bekas jerawat. Hal ini untuk melindungi lapisan bawah kulit setelah pengelupasan (mencegah infeksi) sekaligus mencegah jerawat agar tidak kembali lagi.

4 Langkah Mudah untuk Hilangkan Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun
source: http://www.livestrong.com/article/170146-the-best-oil-free-face-creams-for-wrinkles/

Selamat mencoba, Beautynesian!