Buat kamu para chocoholic, mungkin kamu sering ketar-ketir ketika mengonsumsi cokelat karena takut jerawat bermunculan. Yes, beberapa mitos mengatakan bahwa terlalu banyak mengonsumsi cokelat bisa memicu breakout. Tapi, di samping mitos tentang cokelat dan jerawat tersebut, justru beberapa produk kecantikan dan juga treatment di berbagai klinik kecantikan menggunakan cokelat sebagai bahan utama untuk perawatan kulit. And here lies one question:


Jadi, Apakah Benar Cokelat Bisa Memicu Jerawat? 


The long story short, chocolate hasn't be proven to cause acne. Sudah ada banyak penelitian yang mencari tahu kebenaran tentang mitos ini dan hubungan antara cokelat dengan jerawat. Tetapi, penelitian tersebut menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Ternyata, sangat sulit untuk mengontrol variabel dari cokelat dan memprediksi banyaknya jerawat yang bisa ditimbulkan oleh cokelat.  

Lalu, para dermatologis setuju bahwa bukan cokelat lah yang menjadi penyebab timbulnya breakout, melainkan kandungan gula yang terdapat di dalam cokelat olahan. Gula tersebut memang sudah terbukti mampu memengaruhi protein di dalam kulit. dan memicu timbulnya jerawat, keriput, dan photoaging. Jadi, sebenarnya yang perlu kamu waspadai adalah gula di dalam cokelat, bukan kandungan cokelatnya. 

 

Takut Jerawatan Karena Makan Cokelat? Lihat Dulu Fakta Mengejutkannya di Sini!
source: http://www.sheva.com/blog/theres-something-about-chocolate/


 


Kandungan Polyphenol Pada Cokelat 

Walaupun banyak mitos mengatakan bahwa cokelat menyebabkan jerawat, in fact, kandungan polyphenol di dalam cokelat justru bagus untuk merawat kulit. Yes, di dalam cokelat terkandung flavanol dan proanthocyanidins yang merupakan sejenis polyphenol.  Buat kamu yang belum tahu, polyphenol ini kaya antioksidan yang telah teruji secara klinis mampu meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kadar kolagen agar bertahan lama dan tidak dirusak oleh radikal bebas. Hasilnya, kulit akan tetap plump dan kencang.

Selain itu, antioksidan juga diperlukan oleh kulit untuk menangkal pengaruh buruk dari zat radikal bebas dan mencegah premature aging. Jadi, kamu tidak perlu menahan diri lagi jika ingin mengonsumsi atau menggunakan skin care dengan bahan aktif cokelat. Tapi, kamu juga perlu hari-hati dengan kandungan gula ya yang ada di dalam cokelat. Sebaiknya, pilih cokelat yang sugar-free, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi. Keep your skin healthy, Beautynesian!
 

Takut Jerawatan Karena Makan Cokelat? Lihat Dulu Fakta Mengejutkannya di Sini!
source: http://www.hersheysstore.com/category/products-sugar-free
baca juga
Takut Jerawatan Karena Makan Cokelat? Lihat Dulu Fakta Mengejutkannya di Sini!
source: http://www.sheva.com/blog/theres-something-about-chocolate/