Atur Jadwal Menu

Untuk mempersingkat waktu masak dan menu makanan lebih variatif, kamu bisa mempersiapkan jadwal makanan seminggu sebelumnya. Menyiapkan jadwal menu membuat kamu akan lebih bersemangat dalam membuat masakan. Kamulah yang paling tahu akan kebutuhan makanmu dan kamu dapat mewujudkannya sendiri. Bagi kamu yang sibuk di kantor dan pulang dalam kondisi lelah, membayangkan menu makanan dalam seminggu ke depan pasti merupakan sesuatu yang asyik bukan? Kamu dapat memilih menu sehat setiap hari. Dengan membuat jadwal, kamu tidak akan mengulang menu yang sama dalam waktu dekat. Pilihlah menu yang mudah dibuat dan diolah agar kamu tidak kerepotan di pagi hari.
 

Atur Jadwal Menu
source: http://liputan-menarik.blogspot.co.id


 

Susun Menu Yang Bervariasi

Susun menu yang bervariasi agar kamu tidak bosan dengan menu yang mirip dalam satu minggu. Dengan aktivitasmu yang padat seharian di kantor, kamu pastinya perlu gizi dan nutrisi yang cukup untuk memenuhi asupan tubuhmu melalui makanan. Setidaknya kamu harus menyiapkan karbohidrat, protein ( nabati atau hewani ) dan buah - buahan. Kamu bisa membuat variasi menu dengan melihat dari berbagai sumber yang ada. Misalnya resep - resep praktis yang ada di media sosial atau resep dari orang tua. Yang penting, semua harus diolah dengan praktis, namun tetap sehat.
 

Susun Menu Yang Bervariasi
source: http://www.semberani.com


 

baca juga

Siapkan Bahan Utama Pada Malam Sebelumnya

Dengan alasan kepraktisan, untuk bahan yang membutuhkan waktu lama dalam pengerjaan, sebaiknya kamu dapat menyiapkan pada malam sebelumnya. Bahan ini dapat kamu simpan di lemari es agar kelembapannya tetap terjaga. Misalnya jika kamu akan membuat sup ayam, kamu dapat mengiris atau memotong semua bahan pada malam hari. Keesokan paginya, kamu tinggal merebus dan memasukkan bahan tersebut ke dalam kaldu. Sambil menunggu sup matang, kamu pun dapat bersiap - siap seperti biasanya.
 

Siapkan Bahan Utama Pada Malam Sebelumnya
source: https://deavita.com


 

Pilih Menu Yang Sehat Namun Praktis

Praktis tidak selalu instan ya. Sebisa mungkin, pilihlan menu makanan yang mudah dibuat sehingga tidak repot saat mengolahnya. Menu yang praktis namun sehat dapat berupa salad, sandwich daging, atau menu makan siang lainnya yang mudah dibuat. Bawa juga bumbu seperti mayonaise atau siapkan garam di kantor karena mengolah makanan dengan terburu - buru biasanya akan menjadikan makanan hambar.
 

Pilih Menu Yang Sehat Namun Praktis
source: https://www.cosmomom.net


 

baca juga

Menghangatkan Makanan Kemarin

Jika kamu masak dalam porsi besar pada malam sebelumnya dan ternyata masih ada lebihnya, sebaiknya jangan dibuang. Manfaatkan kelebihan makanan jadi ini untuk makan siangmu. Masukkan makanan yang berlebih di malam hari ke dalam kulkas. Pada keesokan harinya, kamu dapat menghangatkan makananmu ke dalam microwave untuk kamu bawa sebagai bekal. Pastikan makananmu tidak akan basi sampai siang hari ya. Ada beberapa jenis makanan yang cepat basi seperti misalnya masakan yang bercampur dengan santan. Sebaiknya, hindari makanan bersantan agar kamu bisa membawa left over-nya ke kantor. 

 

Menghangatkan Makanan Kemarin
source: http://health.kompas.com