Bangun tidur hanya untuk mendapati pori-pori wajah semakin membesar pastinya akan membuat kamu bad mood seharian. Apalagi kalau hari itu adalah hari penting kamu yang membutuhkan kamu untuk tampil flawless. Tapi tenang saja, kamu bisa membuat pori-porimu terlihat lebih kecil dan mencegahnya agar tidak membesar kembali dengan berbagai cara ini. 


But First.... You Should Know How Your Pores Can Get Bigger


Buat kamu yang belum tahu, pori-pori merupakan lubang folikel rambut terbuka yang terdapat pada permukaan kulit. Biasanya, pori-pori di sekitar hidung lebih noticeable dibandingkan area lainnya karena kelenjar minyak di area tersebut lebih besar sehingga jumlah minyak yang diproduksi juga lebih banyak. Selain itu, kotoran, sel kulit mati, dan minyak yang menyumbat pori-pori juga bisa menyebabkan pori-pori semakin membesar. Sinar matahari juga bisa menjadi penyebab utama pori-pori terlihat lebih besar lho. But unfortunately, kebanyakan kasus pori-pori yang besar itu terjadi karena faktor genetik...which means we cannot do anything about it :(
 

Wajib Tahu! Ini Penyebab Pori Wajah Membesar dan Cara Ampuh Mengatasinya!
source: http://www.herworldplus.com/beauty/updates/skincare-tips-minimise-appearance-shrink-enlarged-pores-oily-skin



Rutinitas Perawatan Harian yang Efektif Mengecilkan Pori-Pori


Tapi tenang saja, selalu ada perawatan yang bisa membuat pori-porimu terlihat lebih kecil lho. Berikut ini adalah perawatan rutin yang paling efektif untuk mengecilkan tampilan pori-pori:
  • Bersihkan wajah dengan gentle cleanser sebelum tidur untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran, residu makeup, minyak, dan apapun yang bisa menyumbat pori-pori. 
  • Gunakan produk makeup dan moisturizer yang berlabel noncomedogenic yang diformulasikan khusus agar tidak menyumbat pori-pori.
  • Selalu gunakan sunscreen kapan pun kamu akan pergi keluar rumah.
  • Jangan lupa untuk mengeskfoliasi sel kulit mati dengan scrub atau chemical exfoliator dua kali seminggu. 
  • Mulai terapkan gaya hidup sehat dan kurangi lemak (karena bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat), serta berhenti mengonsumsi alkohol dan merokok. 
Wajib Tahu! Ini Penyebab Pori Wajah Membesar dan Cara Ampuh Mengatasinya!
source: https://www.acneeinstein.com/check-your-face-wash-for-sodium-lauryl-sulfate/


Perawatan Kulit untuk Mengecilkan Pori-Pori


Kalau cara-cara di atas masih belum ampuh melawan pori-pori besar, kamu bisa coba perawatan berikut ini:
  • Gunakan topical retinol yang bisa mengecilkan pori-pori dengan lebih efektif. 
  • Coba lakukan perawatan microdermabrasion yang bekerja dengan mengeskfoliasi kulit dengan ujung kristal atau berlian yang bisa merontokkan sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori.
  • Kamu bisa mencoba treatment laser yang bisa mem-boost up produksi kolagen dan mengecilkan pori-pori. 

Jadi, perawatan mana yang akan kamu coba terlebih dahulu?