Kalau mendengar kata paraben, pasti pikiranmu secara otomatis tertuju pada gagasan tentang bahan berbahaya yang harus di hindari. Yes, image paraben memang saat ini dikenal sebagai salah satu bahan kosmetik berbahaya setelah banyaknya pemberitaan media yang memberikan statement bahwa paraben bisa memicu timbulnya kanker payudara. Padahal di sisi lain, tanpa kandungan paraben, kosmetikmu seperti foundation, bedak, eyeliner, maskara, cleanser, dan semua produk kecantikanmu lainnya akan dipenuhi jamur dan bakteri, yang pastinya bisa lebih membahayakan kulit. And here lies one question:

Jadi, Haruskah Kita Menghindari Paraben?

And the answer is NO! Menurut Paula Begoun yang dilansir dari Cosmeticspop, paraben bukan lah ingredient yang harus dihindari. Di samping pemberitaan negatif tentang paraben, riset dan organisasi global yang mengatur tentang kosmetik telah memberikan statement jelas bahwa paraben, terutama jika digunakan dalam jumlah yang sedikit, tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Menurut penelitian ini, paraben telah teruraikan sebelum masuk ke dalam aliran darah. Jadi, kecil kemungkinan bahwa paraben bisa meningkatkan risiko kesehatan, apalagi yang berhubungan dengan aktivitas esterogen (hormon wanita). 
 

Apakah PARABEN Benar-Benar Berbahaya? Ini Fakta Penting Tentang Paraben dari Ahli Estetika!
source: http://www.livescience.com/8173-makeup-makeover-truth-cosmetics.html


Isu tentang paraben berbahaya ini muncul sejak adanya riset di tahun 2004 yang salah mengkorelasikan paraben dengan kanker payudara berdasarkan penemuan senyawa metabolites pada paraben (bukan parabennya sendiri) yang mereka temukan pada sample kanker payudara. 

Tapi semenjak berita tentang riset tersebut mulai tersebar, P. Darbre yang merupakan salah satu peneliti tersebut, mengklarifikasi kembali ke media bahwa tidak ada klaim di dalam penelitian tersebut yang menyatakan dengan jelas bahwa paraben lah yang telah menyebabkan kanker payudara tersebut. In fact, penelitian lain membuktikan bahwa paraben telah teruraikan dan akan dikeluarkan melalui sistem ekskresi tubuh, sehingga tidak akan membahayakan kesehatan. 

Jadi, kamu tidak perlu takut kalau menemukan kosmetik dengan kandungan paraben seperti butylparaben, ethylparaben, isobutylparaben, methylparaben, or propylparaben. Justru paraben ini bermanfaat untuk menjaga makeup-mu tahan lama dan bebas dari jamur serta bakteri lho. Tapi, kamu tetap perlu cek besar kandungannya ya Beautynesian, karena kalau melebihi batas aman dari FDA (0,4% untuk ester tunggal dan 0,8% untuk ester campuran), kosmetik tersebut juga tidak baik untuk kesehatan. Remember, less is more, dan sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. Cheers!