1. Kenali Penyebabnya

Latar belakang rasa malas yang dimiliki setiap orang tidaklah sama. Hal itu dapat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan keadaan psikisnya.
1. Kenali Penyebabnya
source: http://www.nepatas.com/mading/all.php
Penyebab kemalasan adalah cinta kesenangan, mengutamakan pengangguran dan tidak siap menghadapi kesulitan. Bisa juga rasa malas timbul karena tabiat/kebiasaan seseorang yang cenderung bermalas-malasan, keadaan lingkungan juga berpengaruh terhadap mood/selera seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan.
source: https://glegers.wordpress.com/tag/penyebab-malas/

2. Fokuskan Tujuan

Terkadang rasa malas timbul karena terlalu banyaknya tujuan yang ingin dicapai sehingga terasa mustahil untuk dilakukan sekaligus semuanya. Prioritaskan tujuan yang realistis untuk dicapai.
2. Fokuskan Tujuan
source: http://www.wikihow.com/Overcome-Laziness

3. Latihan

Rasa malas juga dapat timbul ketika kita merasa kesulitan dalam mengerjakan sesuatu. Hal itu bisa disebabkan karena kita kurang terbiasa menghadapinya.
3. Latihan
source: http://trainerlaris.com/profiles/blogs/bisa-karena-biasa-biasa-karena-pembiasaan-by-bambang-nugroho

4. Berpikir Positif tentang Diri Sendiri

Jika Minasan bersifat pesimis maka akan susah untuk membangkitkan semangat diri sendiri. Berpikir positif tentang diri sendiri sangat penting untuk motivasi internal.
4. Berpikir Positif tentang Diri Sendiri
source: http://jiantia.stripzone.web.id/kepribadian-anda-sukses-anda-2/
http://jiantia.stripzone.web.id/kepribadian-anda-sukses-anda-2/
source: http://jiantia.stripzone.web.id/kepribadian-anda-sukses-anda-2/

5. Melihat Sesuatu dari Segi Manfaat

5. Melihat Sesuatu dari Segi Manfaat
source: http://vettums.tumblr.com/post/38259974319/motiveweight-think-about-the-benefits
Lebih baik pikirkanlah keuntungan yang dapat Minasan peroleh jika mampu mengatasi rasa malas dan mulai bekerja daripada berpikir tentang kesulitan dan halangan. Berfokus pada kesulitan akan membuat Miansan semakin berputus asa, menghindari tindakan nyata dan menjadi pemalas.
source: http://www.successconsciousness.com/overcoming-laziness.htm

6. Cobalah untuk Lebih Terorganisir

6. Cobalah untuk Lebih Terorganisir
source: http://www.rumahtips.com/8-tips-ampuh-mengatasi-rasa-malas.html
Biasakanlah untuk hidup teratur dan disiplin. Buatlah jadwal dan program harian yang harus Anda jalankan seperti waktu bangun pagi, berolahraga, waktu makan dan waktu tidur secara teratur. Hidup yang teratur akan membuat Anda terhindar dari rasa malas.
source: http://www.rumahtips.com/8-tips-ampuh-mengatasi-rasa-malas.html
6. Cobalah untuk Lebih Terorganisir
source: http://www.modernparentsmessykids.com/2012/02/im-woman-with-plan-and-routine-and.html

7. Mulai!

Ini tentu menjadi langkah yang sangat menentukan. Apa jadinya jika semua sudah Anda perbaiki dan rencanakan namun tidak ada aksi yang sesungguhnya? Selamat mencoba!