Diet DASH

Diet DASH ditujukan untuk mengurangi hipertensi, namun juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Mudah saja, kamu dianjurkan mengonsumsi lebih banyak sayur, buah, gandum utuh, daging tanpa lemak dan produk susu rendah lemak. Kurangi konsumsi karbohidrat dan lemak, serta kurangi asupan garam atau makanan yang mengandung banyak garam.

Diet DASH tak mewajibkanmu makan hidangan tertentu pada jam tertentu. Metode DASH hanya mengatur porsi atau berapa sajian yang boleh kamu makan dalam satu hari. Tolak ukurnya pun tergantung pada jenis kelamin, usia, dan padatnya aktivitas.

Diet DASH
source: http://www.sportsnutritionvlog.com/2014/07/01/functional-foods-recent-evidence-part-2/

Diet Paleo

Metode diet Paleo bersumber dari pola makan manusia Paleolitik yang hidup sekitar 2.6 juta tahun yang lalu. Diet Paleo berfokus pada pola makan rendah karbohidrat, dan sarat protein, buah, sayuran, serta lemak sehat. Tentunya manusia Paleolitik tak akan mengonsumsi produk susu, gandum, atau makanan yang diawetkan, bukan?

Diet Paleo
source: http://thepaleodiet.com/what-to-eat-on-the-paleo-diet-paul-vandyken/
baca juga

Ketogenic Diet

Perhatian utama dari diet Ketogen adalah pola makan yang rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang sehat bagi tubuh. Tujuannya untuk mengubah metabolisme tubuh kita yang semula tergantung pada karbohidrat, menjadi fokus pada lemak sehat yang dapat ditemukan pada minyak zaitun, ikan, serta buah apokat.

Karena tubuh tak lagi bergantung pada asupan karbohidrat, maka tubuh kita akan mulai membakar lemak sebagai sumber energi. Berat badan berkurang, sementara kita nggak akan mudah lapar atau lelah.

Ketogenic Diet
source: https://www.curejoy.com/content/ketogenic-diet-101-detailed-beginners-guide/

Obsessive Corbuzier's Diet

Metode diet yang satu ini terkenal banget di tingkat nasional, Beautynesian. Diciptakan oleh mentalis Deddy Corbuzier, teknik OCD menekankan pentingnya jendela makan. Sistem jendela makan dimaksudkan untuk mengistirahatkan perut dengan cara puasa makan. Kamu bebas memilih rentang waktu jendela makan, misalnya delapan jam atau enam jam per hari. Saat jendela makan, kamu bebas makan apa saja tanpa menghitung kalori. Namun di luar jendela makan, kamu hanya boleh minum minuman yang tidak berkalori seperti air mineral atau teh tawar.

Untuk pemula, disarankan mulai dengan jendela makan 8 jam. Contohnya, kamu hanya boleh makan dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore, dalam kurun waktu 24 jam. Selain itu, kamu hanya boleh minum. Secara bertahap, kamu dapat mengurangi jendela makan menjadi 6 jam hingga 4 jam saja.

Obsessive Corbuzier's Diet
source: http://www.bedahtekno.com/games-apps/telah-hadir-aplikasi-diet-ocd-ala-deddy-corbuzier-di-android/