Belanja online memang sangat menyenangkan, namun karena kamu tidak bisa melihat bajunya secara langsung, terkadang ketika pesanan kamu tiba bajunya tidak seperti yang kamu bayangkan pada foto. Selain itu, seringkali ukuran pada baju ternyata tidak sesuai dengan badanmu atau bahkan bahan baju tersebut tidak seperti yang kamu bayangkan.

Namun jangan khawatir dulu, ada beberapa cara yang bisa membuat kamu sukses dalam belanja baju secara online. Kamu cukup memperhatikan hal-hal penting ini agar baju yang kamu beli sesuai dengan keinginanmu. Mau tahu seperti apa caranya? Ini dia 5 hal yang wajib kamu lakukan sebelum belanja online!


 

Ketahui Ukuran Badanmu

Sebelum menentukan ukuran apa yang akan kamu beli di sebuah online shop, sebaiknya kamu ketahui terlebih dulu ukuran badanmu. Kamu bisa mengukur lingkar pinggang, lebar dada, dan lain sebagainya dengan meteran pengukur yang biasa digunakan para penjahit. Hal ini perlu kamu lakukan karena tidak semua baju memiliki ukuran S, M, dan L yang selalu sama dengan brand lainnya. Jangan sampai kamu biasa menggunakan S, namun ternyata baju di online shop tersebut memiliki ukuran S yang lebih kecil dari standard S yang biasanya. Jika kamu sudah mengukur badanmu dengan pasti, untuk kedepannya kamu akan lebih mudah untuk menentukan size baju yang akan kamu beli di online shop.

Ketahui Ukuran Badanmu
source: http://s3.amazonaws.com/


 

baca juga

Cari Tahu Mengenai Bahan

Hal lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah bahan dari baju tersebut. Rata-rata online shop menuliskan bahan apa yang digunakan pada baju tersebut, maka dari itu ada baiknya jika kamu sudah mengetahui seperti apa jenis bahan tersebut. Cara paling mudah untuk mengetahui jenis-jenis bahan adalah dengan melihat label pada koleksi baju kamu. Di situ pasti kamu akan menemukan jenis bahan pada bajumu, dengan begitu kamu bisa mengetahui jenis bahan tersebut seperti apa. Jika kamu memiliki baju yang tidak kamu sukai, coba perhatikan apa jenis bahannya sehingga untuk kedepannya kamu tidak salah untuk membeli bahan tersebut di online shop.
Cari Tahu Mengenai Bahan
source: http://blogs.arts.ac.uk/


 

Baca Review

Sebelum memutuskan untuk belanja di suatu online shop tertentu, carilah info terlebih dulu. Salah satu cara mudah untuk mendapat info adalah dari customer review, dengan begitu kamu bisa mendapat perspektif dari berbagai orang. Melalui review, kamu bisa mengetahui mengenai sistem order online shop tersebut, apakah mereka mengantar pesanan tepat waktu atau bahkan mengenai kualitas dari baju itu sendiri. 
Baca Review
source: http://www.csnotepad.co.uk/


 

baca juga

Perhatikan Warna

Seringkali warna yang muncul pada layar tidak sama dengan aslinya. Bukan berarti online shop tersebut tidak memberikan warna yang sesuai, tapi terkadang warna pada layar dengan warna asli seringkali ada sedikit perbedaan. Tidak hanya itu, terkadang warna juga berubah pada setiap produksi yang berbeda. Namun, jika ternyata warna yang kamu dapatkan benar-benar jauh berbeda dan tidak seperti ekspektasi kamu sebelumnya, sebaiknya kamu minta tukar atau kembalikan. Contohnya seperti warna kuning dan kemudian kamu mendapatkannya dengan warna kuning neon, lebih baik kamu kembalikan saja atau tukar.

Perhatikan Warna
source: http://www.aliexpress.com/


 

Perhatikan Return Policy Dengan Seksama

Jika kamu sudah mengikuti keempat tahap di atas, satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan adalah membaca return policy dengan seksama. Return Policy atau kebijakan pengembalian barang perlu kamu baca dengan lengkap. Perhatikan apakah jika kamu ingin mengembalikan atau menukar barang harus ada biaya lebih atau biaya ditanggung oleh online shop tersebut. Kemudian berapa lama proses penukaran barang, atau bagaimana jika stok baju yang kamu beli sudah habis. Hal-hal yang terlihat sepele tersebut sebenarnya perlu diperhatikan, jangan sampai ketika kamu ternyata kecewa dengan baju yang dibeli kemudian terhambat dalam proses pengembalian atau penukaran barang.

Perhatikan Return Policy Dengan Seksama
source: https://solvers.ups.com

Nah, itu dia lima hal yang wajib kamu lakukan sebelum belanja baju online. Melihat katalog baju secara online memang selalu bikin cewek-cewek tertarik untuk belanja lebih. Jadi, jangan sampai sudah belanja banyak ternyata baju-baju yang kamu beli tidak sesuai dengan ekspektasimu yah! Lakukan 5 cara di atas tadi, pasti kamu tidak akan menyesal dan belanja online pun pasti akan lebih menyenangkan. Selamat berbelanja, Beautynesian!