Rahasia Mendapatkan Hasil Foundation Sempurna Tanpa Patchy dan Tahan Lama di Wajah
source: http://whatwomanneeds.com/applying-the-foundation-cream-steps-using-make-up-sponge/


(1) Mulai dengan Kulit yang Halus


Kalau kulitmu mengelupas, flaky, atau berminyak, jangan expect kalau hasil foundation-mu akan menjadi bagus, because your skin is your canvas to draw with foundation. Untuk mendapatkan hasil foundation yang flawless, kamu perlu memastikan bahwa kulitmu sudah halus dan bebas dari minyak dan kulit yang mengelupas. Eskfoliasi sel kulit mati bisa menjadi option terbaikmu di sini. Sebab, selain bisa mengangkat sel kulit mati, juga bisa menghilangkan minyak berlebih. 


(2) Hidrasi Kulitmu
Ini perlu masuk ke dalam makeup routine-mu! Tidak peduli apapun jenis kulitmu, langkah melembapkan wajah dengan moisturizer tidak boleh kamu lewatkan. Kalau kulitmu sudah lembap, kamu bisa menghindari masalah foundation yang cakey. Tunggu moisturizer-mu hingga benar-benar kering ya sebelum mengaplikasikan primer atau foundation, karena bisa menyebabkan warna yang streaky dan splotchy. 


(3) Gunakan Primer
Apakah kamu suka kesal karena foundation yang terlihat bagus di pagi hari tapi lama kelamaan luntur di siang hari? Disaster seperti itu bisa saja terjadi kalau kamu tidak menggunakan primer sebelum mengaplikasikan foundation! Jika kamu ingin foundation flawless-mu tahan lebih lama, kamu harus mengaplikasikan primer terlebih dahulu agar foundation bisa lebih menempel di wajah. 


(4) Temukan Formula yang Cocok untuk Jenis Kulitmu
Ada alasannya lho mengapa foundation hadir dalam berbagai jenis varian seperti liquid, gel, powder, dan cream. Misalnya saja pressed foundation tidak cocok digunakan untuk kulit kering. Sementara foundation dengan creamy dan oily tekstur hanya akan membuat wajah yang berminyak lebih berminyak lagi. Karena itu, kamu benar-benar harus menemukan formula yang cocok untuk kulitmu.


(5) Temukan Shade yang Cocok dengan Warna Kulitmu
Nah biasanya kesalahan ini sering dilakukan oleh para pemula yang baru belajar makeup. Jangan mentang-mentang kamu ingin terlihat lebih putih, lalu kamu hajar dengan menggunakan foundation yang lebih putih dari warna kulitmu. Hal ini justru akan membuatmu terlihat menggunakan topeng. Sebaiknya, pilih shade foundation yang sama dengan warna kulit aslimu agar tidak terlihat belang. 


(6) Pilih Aplikator yang Tepat
Percuma kalau kamu memiliki foundation bagus tapi kamu tiak bisa mengaplikasikannya secara rata. Kalau kamu ingin hasil foundation yang rata dan juga halus, kamu harus menggunakan aplikator yang tepat. 


(7) Foundation Terlebih Dahulu, Baru Concealer
Kalau langkah yang satu ini memang bisa membingungkan. Beberapa orang lebih prefer menggunakan concealer telebih dahulu, baru kemudian foundation. Tapi teknik yang paling baik adalah gunakan foundation terlebih dahulu. Jika kamu merasa foundation-mu tidak mampu menutupi kekurangan secara maksimal, baru kamu bisa mengaplikasikan concealer. 


(8) Set Foundation
Jika primer berfungsi untuk membuat foundation-mu lebih menempel, setting powder bisa mengunci foundation agar lebih tahan lama. Setelah kamu selesai mengaplikasikan foundation dan concealer, selalu kunci dengan setting powder untuk makeup yang flawless dan budge-free.