Hasil riasan natural yang dihasilkan membuat beberapa orang tertarik menggunakan Beuaty Blender. Namun dibalik kualitas yang dimilikinya ada harga mahal yang harus dibayarkan. Akibatnya banyak yang mencari produk yang dapat dijadikan sebagai dupes dari Beauty Blender ini. Salah satu produk yang banyak dijadikan sebagai dupes dari Beauty Blender adalah Real Techniques Miracle Complexion Sponge dan Masami Shouko Beauty Blender. Manakah yang lebih baik dari keduanya?

Shape

Real Techniques Miracle Complexion Sponge memiliki bentuk yang unik namun sangat membantu dalam proses aplikasi make up karena memiliki beberapa fungsi sekaligus. Ujung yang pointy dapat digunakan untuk apply concealer, ujung yang flat dapat digunakan untuk apply foundation, terus bagian yang samping yang berbentuk round dapat digunakan untuk apply blush. Satu tools untuk banyak fungsi!
Shape
source: http://kaushalbeauty.com/2014/05/15/battle-of-the-sponges/

Sedangkan Masami Shouko Beauty Blender memiliki bentuk yang lebih mirip dengan Original Beauty Blender, yaitu berbentuk teardrop dengan ujung yang pointy. Namun ada juga yang berbentuk pear dengan ujung yang pointy. Jika dilihat dari segi genggaman memang lebih nyaman Masami Shouko Beauty Blender, tetapi jika dilihat dari kegunaannya  lebih fleksibel Real Techniques Miracle Complexion Sponge.

baca juga

Color

Real Techniques Miracle Complexion Sponge hanya memiliki satu warna yang sudah menjadi ciri khasnya, yaitu warna orange. Sedangkan Masami Shouko Beauty Blender lagi - lagi memiliki kesamaan dengan Original Beauty Blender dari segi ketersediaan warnanya, yaitu hitam dan pink. Jika dari segi warna bisa dibilang Masami Shouko Beauty Blender  lebih unggul, terutama untuk warna hitam yang memberikan kesan lebih bersih walaupun sudah dipakai berulang kali. 
Color
source: http://www.elevenia.co.id/prd-masami-shouko-teardrop-blender-spons-untuk-semua-jenis-make-8493682

Texture

Real Techniques Miracle Complexion Sponge memiliki tekstur yang agak keras dan berat saat pertama kali digunakan. Namun setelah direndam dengan air maka pemakaian selanjutnya sponge terasa soft dan bouncy. Bahkan beberapa review mengatakan tingkat bounciness dari sponge ini hampir menyerupai original Beauty Blender. Minusnya dari sponge ini adalah pori - porinya yang cukup besar, sehingga akan lebih banyak produk yang terserap.

Texture
source: http://www.duapuluhtujuhdesember.com/2016/06/review-real-techniques-miracle.html

Bagaimana dengan Masami Shouko Beauty Blender? Masami Shouko Beauty Blender memiliki tekstur yang soft dan empuk walaupun dalam kondisi kering. Jika dibasahi dengan air sedikit saja ukuran sponge ini menjadi sangat besar bahkan melebihi Original Beauty Blender. Tapi dengan ukuran yang besar dan tesktur yang empuk membuat sponge ini cukup bouncy dan nyaman digunakan. Namun kita perlu hati - hati saat menggunakannya karena lebih rawan sobek. Namun, dua-duanya masih sama - sama nyaman digunakan kok.

baca juga
Texture
source: http://www.jessicaliani.com/2013/05/review-masami-shouko-beauty-blender.html

Price

Real Techniques Miracle Complexion Sponge memiliki dua kemasan, untuk kemasan isi 2 sponge dijual dengan harga Rp.250.000 sedangkan untuk kemasan single dijual dengan harga Rp.150.000. Namun sayangnya produk dari Real Techniques belum resmi masuk di Indonesia sehingga harus membeli via online shop. Sedangkan Masami Shouko Beauty Blender dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah, yaitu Rp.90.000 saja. Plus nya lagi adalah produk - produk Masami Shouko lebih mudah ditemui di drugstore. Jika soal harga, tentu Masami Shouko Beauty Blender lebih unggul kan?


FINAL CONCLUSION

Keduanya memiliki kualitas yang sama baiknya dan bisa dibilang memiliki kesamaan dengan Original Beauty Blender walaupun tidak sama persis. Lalu, lebih baik pilih yang mana? Silahkan pilih Masami Shouko Beauty Blender jika memiliki budget terbatas dan silahkan pilih Real Techniques Miracle Complexion Sponge jika ingin produk yang lebih efisien dan lebih awet. Selamat mencoba, beautynesian!