1. Memakai Produk Kecantikan Non Comedogenic

Pilih jenis makeup yang non comedogenic atau yang tidak menyebabkan komedo. Makeup jenis ini tidak akan menyumbat dan tidak memperparah kondisi pori-pori wajah. Formulanya akan menjaga pori-pori tetap bersih dari kotoran dan sisa makeup.


 

1. Memakai Produk Kecantikan Non Comedogenic
source: http://www.collegefashion.net/beauty-and-hair/the-best-makeup-for-acne-prone-skin/


 

2. Menggunakan Primer

Gunakan primer untuk menyamarkan pori-pori wajah yang membesar. Primer akan membantu membuat wajah jadi lebih halus dan dapat mempersiapkan kondisi wajah sebelum menggunakan makeup. Ambil sedikit primer kemudian aplikasikan pada wajah yang ingin kamu tutupi. Tekan dengan lembut sampai meresap dan wajah tampak lebih rata. 
 

2. Menggunakan Primer
source: https://www.benefitcosmetics.com/uk/en-gb/face-makeup/face-primer
baca juga

3. Menggunakan Es Batu Sebelum Makeup

Tahukah kamu bahwa efek dingin dari es batu dapat membantu menutup pori-pori wajah. Terutama saat kamu akan memulai makeup. Bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian basuh wajah menggunakan es batu. Namun, jangan terlalu lama agar tidak membuat wajah merah dan iritasi. 
 

3. Menggunakan Es Batu Sebelum Makeup
source: https://begitu.com/beberapa-manfaat-es-batu-untuk-jerawat/

4. Memakai Foundation dengan Cara yang Benar

Gunakan foundation bila memang sangat diperlukan. Selain itu sebaiknya aplikasikan foundation menggunakan beauty blender agar lebih menyatu dan menutup bagian pori-pori wajah. Tak perlu juga menggunakan foundation yang high coverage yang memiliki formula berat sehingga menyumbat pori-pori wajah. Light coverage sudah cukup menyamarkan pori-pori wajah bila diapliaksikan dengan cara yang tepat. 
 

4. Memakai Foundation dengan Cara yang Benar
source: http://www.marieclaire.com/beauty/news/a14852/foundation-how-to-apply/
baca juga

5. Pilih Bedak dengan Partikel yang Halus

Bedak mampu mengunci makeup dan mengurangi produksi minyak yang berlebihan pada wajah. Sebaiknya pilih bedak yang memiliki partikel halus yang tidak membuat pori-pori wajah tampak membesar. Gunakan puff bedak kemudian tekan-tekan agar bedak tak hanya mampu menutupi permukaan wajah. 
 

5. Pilih Bedak dengan Partikel yang Halus
source: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/13481-lindungi-kecantikan-wajah-dengan-bedak-padat.html

6. Makeup Mengandung Mineral

Makeup mengandung mineral lebih baik terutama untuk kamu yang memiliki pori-pori wajah membesar. Makeup jenis ini tidak mengandung bahan berbahaya yang dapat menyumbt pori-pori wajah. Mineral makeup biasanya dirancang khusus memiliki partikel super kecil yang mampu mengisi pori-pori wajah. 
 

6. Makeup Mengandung Mineral
source: http://www.elle.com/beauty/makeup-skin-care/tips/g8089/mineral-foundations/