Cara Mudah untuk Membuat Makeup-mu Sweat-proof dan Tahan Lama
source: https://www.thebeautyinsiders.com/foundation-hacks-for-flawless-makeup.html


Gunakan Kosmetik yang Sweat-proof

Untuk makeup yang lebih tahan lama, sebaiknya kamu mencari kosmetik yang waterproof ataupun sweat-proof. Makeup jenis ini pastinya memiliki power staying yang lebih baik dibandingkan makeup biasanya. Kamu juga bisa mencari produk yang oil-free dan silicone-based sehingga tidak akan membuat cakey dan berminyak.  Produk yang silicone-based juga sangat baik karena akan berfungsi sebagai lapisan pelindung antara kulit dan suhu yang lembap sehingga makeup-mu tidak mudah luntur. 


Selalu Bersihkan Wajahmu Terlebih Dahulu sebelum Makeup

Langkah utama dan tidak boleh dilewatkan untuk mendapatkan makeup yang flawless adalah memastikan kulitmu bersih sebelum menggunakan makeup. Kamu bisa membersihkan wajahmu terlebih dahulu dan gunakan moisturizer yang ringan untuk menjaga kelembapan kulit tanpa membuatnya terlihat slick ataupun greasy. Pilih juga moisturizer yang oil free agar kulitmu tidak berminyak. 


Gunakan Primer

Primer akan menjadi base makeup yang sangat esensial kalau kamu ingin makeup-mu tahan seharian. Primer akan membuat kulitmu menjadi lembut agar makeup mudah diaplikasikan dan terlihat lebih fresh. Pilih juga primer dengan matte finish sehingga wajahmu tidak terlihat greasy atau oily. 


Pilih Tinted Moisturizer dibandingkan Foundation

Foundation memang bisa memberikan coverage yang bagus untuk menutupi kekurangan yang ada di wajahmu, tapi jarang ada formula foundation yang bisa tahan lama di cuaca yang panas. Kalau kamu memang akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, sebaiknya gunakan tinted moisturizer atau BB/CC cream yang memiliki formula yang lebih ringan. This way, makeup mu akan lebih tahan lama. 


Gunakan Loose Powder untuk Menge-set Makeup

Setelah selesai melapisi wajahmu dengan tinted moisturizer, jangan lupa untuk menguncinya dengan bedak. Loose powder bisa menjadi bedak yang cocok untuk mengunci makeup agar lebih tahan lama karena kemampuan menyerap minyaknya yang baik dan juga formulanya yang lebih ringan. 


Semprotkan Setting Spray

Finally, gunakan setting spray untuk mengunci makeupmu agar lebih lebih lama. Buat kamu yang mengira setting spray hanya boleh digunakan untuk porfessional use, stigma tersebut salah besar! Kamu bisa bebas menyemprotkan setting spray setelah selesai bermakeup and you will get a long-lasting makeup. Saat ini sudah ada banyak setting spray yang dijual di drugstore sehingga bisa kamu dapatkan dengan mudah. Pilihlah setting spray yang memiliki oil-control porperties untuk memberikanmu matte finish yang tahan lama.