Apa itu Roti Baguette?

Berbeda dengan masyarakat Indonesia, orang Perancis mengawali hari dengan sarapan roti panjang yang diberi nama roti baguette. Ya, negara yang selalu terdepan soal fashion ini merupakan salah satu negara dengan penghasil roti terbaik di dunia. Salah satunya roti baguette yang kerap disantap untuk sarapan.

Roti baguette memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Selain itu roti baguette juga bisa dikombinasikan dengan berbagai menu lain untuk mendapatkan kandungan gizi yang lebih seimbang.
​​​​​​​
Roti baguette atau yang lebih dikenal sebagai roti Perancis ini memang sudah ada sejak zaman Louis XIV pada 1800-an. Bagian luarnya memiliki tekstur lebih keras namun bagian dalamnya lebih lembut. Cita rasanya mirip seperti roti tawar sehingga kerap dipadukan dengan selai kacang, madu ataupun Nutella. 

source: http://cookimia.com/glosario/baguette/

Roti baguette memiliki serat tinggi

Roti baguette terbuat dari tepung terigu dan air tanpa menggunakan mentega dan gula. Tak heran bila roti ini sedikit hambar. Dibandingkan dengan roti tawar, roti baguette memiliki kandungan serat yang lebih tinggi. Kandungan indeks glikemik dan lemaknya tergolong rendah sehingga dapat mengontrol kadar gula darah dan juga berat badan.

Indeks glikemik merupakan perbandingan yang menunjukkan seberapa cepat makanan dapat meningkatkan gula darah. Namun dengan catatan tanpa menggunakan tambahan lain seperti selai ataupun butter. Tambahan tersebut justru akan meningkatkan kalori dan kandungan lemak. Tak hanya itu saja kandungan seratnya dapat membuatmu kenyang lebih lama. 

baca juga

Kombinasi roti baguette dengan sayuran

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat roti baguette lebih lezat dan kaya kandungan gizi. Salah satunya dengan membuat sandwich roti baguette. Dilansir dari lifestyle.okezone kamu bisa mencoba resep berikut.
 

source: http://lifestyle.okezone.com/read/2015/09/14/298/1213759/resep-misteri-sandwich-roti-baguette

Resep Sandwich Baguette

Bahan:
1 buah roti baguette, potong menjadi dua bagian dan belah bagian tengah
1 sdm mentega
1 butir telur ayam rebus, potong bundar
2 lembar daun selada
2 iris tomat dan mentimun
2 lembar keju lembaran
 

Isi:
1 sdm mentega
2 sdm bawang Bombay cincang
1 sdt bawang putih cincang
100 gr daging sapi
2 sdm saus tomat
Oregano
Garam secukupnya
¼ merica bubuk
½ buah kaldu blok instan
1 sdm tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air
1 sdm peterseli cincang 
 

baca juga

Cara membuat:

  1. Untuk membuat isian tumis mentega, bawang Bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan semua bahan sebagai isiannya. Tuang sedikit air dan masak sampai daging matang dan berwarna kecokelatan. Tambahkan larutan tepung maizena dan aduk rata. Setelah hidangan mengental taburi dengan peterseli cincang.
  2. Oles roti baguette yang telah dibelah dua dengan mentega, kemudian panggang sebentar. Tunggu sampai warnanya sedikit kecokelatan dan angkat.
  3. Letakkan daun selada diatasnya, isian daging dan saus. Tambahkan telur, timun dan keju lembaran. Tutup bagian atas dengan roti baguette lainnya.