Tepung terigu memang cukup populer dalam pembuatan kue ataupun roti. Sayangnya, tepung terigu memiliki kandungan gluten tinggi dan tingkat kepadatan yang rendah. Jadi pikir-pikir lagi kan saat mengkonsumsinya?

Namun, masih ada beberapa jenis tepung lain yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat kue ataupun roti. Kamu juga bisa menciptakan makanan yang lezat dan kaya gizi. Selain itu tepung ini bisa menjadi pilihan menarik buat kamu yang alergi atau intoleransi gluten.

1. Tepung Almond

Memiliki tekstur sedikit kasar mirip jagung giling. Tepung ini terbuat dari almond manis yang sudah dikupas atau yang masih memiliki kulit air. Kandungan proteinnya lebih tinggi dua kali lipat daripada yang terdapat tepung terigu. Cocok untuk kamu yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat. 

source: https://indonesian.alibaba.com/product-detail/food-grade-nutritional-food-supplement-almond-flour-powder-lagre-supply-60155358323.html

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics menyebutkan bahwa tepung almond mengandung banyak protein, lemak sehat, vitamin E dan serat daipada tepung terigu. Almond juga merupakan sumber yang baik dengan kandungan asam lemak omega 6. Kamu bisa menggunakan tepung almond untuk membuat pai dan macarons. 
 

<baca juga>

2. Tepung Kedelai Putih

Tepung kedelai putih bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk menggantikan tepung terigu. Teksturnya kasar dengan kandungan bebas gluten dan tinggi protein. Kedelai juga dikenal memiliki kandungan asam lemak omega 3, vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh.
 

source: http://www.nazeleno.cz/bio/zdrava-vyziva/celozrnne-vicezrnne-pecivo-a-nebezpeci-obilovin.aspx

Kedelai juga sangat baik untuk menekan kadar glukosa darah. Dimana protein yang berupa asam arginin dan lisin merupakan komponen dalam menyusun hormon insulin dan glikogen yang disekresi oleh kelenjar pankreas. Bila konsumsi protein ini semakin tinggi maka sekresi hormon insulin dan glikogen ke jaringan tubuh semakin meningkat sehingga dapat menekan kadar gula darah. 
 

3. Tepung Quinoa

Quinoa dianggap sebagai superfood yang kaya akan zat gizi penting untuk tubuh. Mengandung semua jenis asam amino essential yang mudah diserap oleh tubuh dan tidak mengandung gluten. Tepung quinoa cocok digunakan untuk membuat pancake, muffin dan roti. 
 

source: http://www.well-beingsecrets.com/health-benefits-of-quinoa/

Quinoa sebenarnya merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Selain protein, quinoa juga mengandung antioksidan dan serat yang baik untuk pencernaan. Mengonsumsi quinoa bisa membuatmu merasakan kenyang lebih lama dan dapat menurunkan kadar gula darah. 
 

<baca juga>

4. Tepung Beras Merah

Terbuat dari tepung beras merah dengan tekstur halus mirip tepung terigu hanya saja berwarna cokelat. Aromanya harum dan memiliki serat lebih banyak daripada tepung terigu. Tepung ini cocok digunakan sebagai pilihan dalam membuat kue yang dipanggang. 
Tepung beras merah ini tidak mengandung gluten juga bisa menjadi alternative pengganti karbohidrat yang lebih sehat. Tak hanya itu saja tepung beras merah juga mengandung vitamin B, zat besi dan mangan. 
 

source: http://www.bebeja.com/9-khasiat-manfaat-tepung-beras-merah/

5. Tepung Kelapa

Terbuat dari daging buah kelapa yang sudah digiling kemudian dikeringkan. Tepung kelapa mengandung serat alami, protein dan karbohidrat yang mudah dicerna dalam tubuh. Indeks glikemik juga lebih rendah sehingga dapat membantu mencegah gejala diabetes.
Namun tepung kelapa memiliki kandungan  lemak jenuh tinggi daripada jenis tepung lainnya. Teksturnya juga tidak mudah halus saat digunakan untuk membuat adonan sehingga perlu dicampur dengan jenis tepung lainnya. 
 

source: http://detak.co/sulut-ekspor-tepung-kelapa-ke-afrika-selatan/

Itulah beberapa pilihan tepung yang bisa menjadi pengganti tepung terigu. Tak ada salahnya bereksperimen menggunakan selain terigu mengingat kandungan gizinya lebih baik untuk tubuh. Selama pengolahannya dilakukan dengan tepat kamu bisa mendapatkan kue yang enak dan lezat. Selamat mencoba.