Memiliki jerawat di punggung memang sangat menyebalkan. Sudah mencoba berbagai cara menyembuhkan jerawa tapi malah menjadi-jadi? Barangkali, cara mandi yang salah seperti yang sering kamu lakukan berikut ini menjadi salah satu penyebabnya.

source: http://independent.co.uk/

1. Air Mandi yang Terlalu Panas atau Terlalu Dingin

Mandi dengan air yang terlalu dingin maupun terlalu panas dapat membuat jerawat punggung tidak cepat menghilang. Air yang terlalu dingin dapat mengecilkan pori-pori kulit dan menghambat sekresi alami sebum. Sedangkan air yang terlalu panas akan membukan pori-pori dan memicu produksi sebum yang berlebih. 

baca juga

2. Terlalu Sering Mandi dan Eksfoliasi Berlebihan

Mandi lebih dari sekali sehari ternyata dapat memicu iritasi kulit, lho. Maka dari itu, pilih waktu mandi yang paling bagus antara di pagi hari, sebelum tidur, atau setelah berolahraga. Tiap waktu mandi memiliki fungsi tersendiri. Mandi pagi akan menghilangkan toksin dieliminasi oleh tubuh semalaman, mandi sebelum tidur untuk menghilangkan polutan dari luar, dan mandi setelah berolahraga untuk menghilangkan keringat. 

Perlu diingat, menggosok tubuh terlalu keras maupun sering melakukan eksfoliasi kulit justru memperparah jerawat di punggung, lho. Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, maupun kering yang akan memicu breakout lebih parah.
 

3. Shampoo dan Kondisioner yang Memicu Jerawat

Shampoo maupun kondisioner yang mengandung sulfat juga dapat memicu tumbuhnya jerawat di punggung setelah dibilas. Ohya, hati-hati dengan penggunaan kondisioner yang berlebihan juga ya. Memang sih, bagus untuk rambutmu, tetapi tidak dengan kulit tubuhmu. Hal tersebut malah menyumbat pori-pori tubuhmu dan makin memperbanyak tumbuhnya jerawat.

baca juga

4. Cara Mandi yang Salah

Saat mandi, gunakan shampoo dan kondisioner terlebih dahulu. Kemudian, bersihkan seluruh tubuh dengan sabun hingga semua residu shampoo dan kondisioner di tubuhmu benar-benar hilang.

5. Kondisi Air yang Kurang Baik

Air yang memiliki kandungan logam berat bisa memperparah peradangan jerawat punggung. Tak hanya itu, jerawat pun bisa makin menjadi-jadi. Makanya, menggunakan filter air bisa jadi opsi untuk menghindari paparan punggung terhadap kandungan logam berat yang terdapat pada air keran.

Yuk segera rubah cara mandimu, Beautynesian!