Sebagian besar orang Jepang tidak pernah mengalami masalah berat badan biarpun mereka setiap hari menikmati beragam macam kuliner yang pastinya lezat. Lalu bagaimana caranya mereka bisa tetap langsing walaupun mengkonsumsi makanan lezat setiap hari?

Orang Jepang terbiasa makan dengan porsi kecil. Sesuai dengan semboyan “Hara Hachi Bumne” yang berarti makan sampai 80% kenyang. Selain itu masakan Jepang lebih banyak dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang sehingga tidak mengandung banyak minyak. Masakan Jepang juga jarang yang menggunakan daging sapi atau ayam dan lebih banyak menggunakan ikan yang mengandung kalori yang lebih rendah namun tinggi protein. Tingkat konsumsi sayuran di Jepang cukup tinggi sehingga di setiap masakan sehingga mampu membuat mereka menahan lapar lebih lama.

source: https://harahachibu.wordpress.com/2011/11/29/9/

Apa Sih diet ala Jepang?

Diet ala Jepang ini merupakan diet yang terinspirasi dari pola makan orang Jepang yang mengurangi konsumsi makanan tinggi kalori dan lemak jenuh serta memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung tinggi serat dan protein. Kuncinya, mengurangi minyak atau makanan goreng dan daging serta memperbanyak buah, sayur, ikan, dan kedelai. Diet ini bisa membantu kamu menurunkan berat badan hingga 7kg selama 14 hari.

source: http://www.fitwirr.com/fitness/-cardio-or-weights-weight-loss
baca juga

Hari Pertama

  • Menu sarapan: Kopi hitam tanpa gula. Bagi yang tidak menyukai kopi maka bisa menggantinya dengan teh tanpa gula atau segelas air putih hangat.
  • Menu makan siang: 2 butir telur rebus, salada yang disiram dengan minyak zaitun, dan segelas jus tomat tanpa gula. Untuk sayuran bisa diganti dengan kubis atau salad namun tidak boleh mengandung mayonaise.
  • Menu makan malam: 220gram ikan rebus atau panggang (ikan apapun terutama yang mengandung protein tinggi, diutamakan salmon atau tuna) dan daun salada yang disiram dengan minyak zaitun.

Hari kedua

  • Menu Sarapan: Kopi hitam tanpa gula (bisa diganti dengan teh tanpa gula atau segelas air putih hangat) dan satu potong roti gandum panggang tanpa olesan.
  • Menu makan siang: 220gram ikan rebus atau panggang (diutamakan ikan salmon atau tuna) dan salad yang berisi kol, mentimun, serta sayuran hijau lain yang sudah ditambahkan dengan minyak zaitun. Usahakan ikan yang dipilih adalah ikan yang mengandung protein tinggi.
  • Menu makan malam: 200gram daging sapi rebus atau panggang (pastikan daging tidak mengandung lemak) dan secangkir yogurt rendah lemak.
baca juga

Hari ketiga

  • Menu sarapan: Kopi hitam tanpa gula. Bagi yang tidak menyukai kopi maka bisa menggantinya dengan teh tanpa gula atau segelas air putih hangat.
  • Menu makan siang: 100gram daging sapi rebus atau panggang. Jika bosan dapat diganti dengan 1 butir telur rebus. Ditambah dengan sayuran hijau yang disiram dengan minyak zaitun.
  • Menu makan malam: 2 buah apel segar.

Hari keempat

  • Menu sarapan: Kopi hitam tanpa gula. Kopi hitam tanpa gula. Bagi yang tidak menyukai kopi maka bisa menggantinya dengan teh tanpa gula atau segelas air putih hangat.
  • Menu makan siang: 1 butir telur rebus, untuk sayurannya dapat mengkonsumsi 3 wortel rebus (bagi yang tidak menyukainya dapat menggantinya dengan 2 buah apel), dan 15gram keju padat.
  • Makan malam: 2 buah apel segar.

Hari kelima

  • Menu sarapan: 1 wortel segar dan segelas jus lemon tanpa gula.
  • Menu makan siang: 150gram ikan panggang atau ikan rebus (diutamakan ikan salmon atau tuna), dan segelas jus tomat murni tanpa gula. Usahakan memilih ikan yang mengandung protein tinggi.
  • Makan malam: 2 buah apel atau salad sayuran hijau yang diberi tambahan minyak zaitun.

Hari keenam

  • Menu sarapan: Kopi hitam tanpa gula. Kopi hitam tanpa gula. Bagi yang tidak menyukai kopi maka bisa menggantinya dengan teh tanpa gula atau segelas air putih hangat.
  • Menu makan siang: 300gram ayam rebus setengah matang dan salad berisi kol, selada, dan wortel yang diberi tambahan minyak zaitun
  • Menu makan malam: 2 butir telur rebus, salad sayuran yang diberi tambahan minyak zaitun, serta segelas jus lemon segar.

Hari ketujuh

  • Menu sarapan: Teh hijau tanpa gula atau bisa juga diganti dengan kopi hitam tanpa gula.
  • Menu makan siang: 200 gram daging sapi rebus atau panggang (usahakan daging tidak mengandung lemak dan salad buah yang berisikan jeruk, apel, dan pir.
  • Menu makan malam: 2 butir telur rebus, salad sayuran yang diberi tambahan minyak zaitun, serta segelas jus lemon segar.

Ohya, untuk hari kedelapan hingga hari ke empat belas, kamu bisa mengulangi kembali menu hari pertama hingga hari ketujuh. Selama melakukan diet ini jangan mengkonsumsi alkohol, gula, roti yang terbuat dari tepung terigu, dan garam. Semoga berhasil, Beautynesian!