Wisata Kawah

source: http://www.panoramio.com/photo/83291792
Berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger, Gunung Bromo memberikan suasana alam yang eksotis bagi para wisatawan. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung vulkanik yang masih aktif sampai saat ini. Di area kawah Bromo, adalah spot utama para wisatawan yang wajib dikunjungi. Untuk bisa sampai di kawah Bromo, wisatawan harus melewati padang pasir yang luas dan anak tangga yang kurang lebih berjumlah 245 anak tangga.
source: https://gigigingsoel.wordpress.com/2013/02/10/jalur-pendakian-gunung-bromo/
Memang butuh perjalanan panjang untuk sampai ke kawah Bromo. Namun wisatawan tetap mendapat alternatif lain selain berjalan kaki apabila merasa sangat lelah, yaitu mengendarai kuda yang banyak disewakan di area kawah.
source: http://www.thailandredcat.com/javas-most-surreal-experience/

Lautan Pasir

Lautan pasir yang ada di Bromo ini dikenal dengan sebutan "Pasir Berbisik". Ya, padang pasir ini pernah dijadikan lokasi syuting film garapan Garin Nugroho berjudul "Pasir Berbisik" yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Christine Hakim. Hamparan pasir yang luas ini menambah nilai tersendiri untuk keindahan alam di sekitar Gunung Bromo. Lautan pasir ini juga mengelilingi Gunung Batok yang terletak di samping kawah Bromo dan membuat pembandangan alam Gunung Bromo semakin indah.

Air Terjun Madakaripura

source: http://www.goodnewsfromindonesia.org/2015/03/21/dari-kaki-bromo/
Masih di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger, tidak jauh dari lokasi Gunung Bromo, terdapat air terjun Madakaripura yang tidak kalah eksotisnya dengan dua lokasi sebelumnya. Berada di kaki Gunung Bromo, Madakaripura menawarkan suasana sakral yang tak banyak diketahui para wisatawan. Konon menurut cerita setempat, ada gua di balik air terjun ini yang menjadi lokasi semedi Mahapatih Gajahmada dari Kerajaan Majapahit. Sayangnya hanya sedikit wisatawan yang mengetahui lokasi ini. Setelah menikmati pemandangan panas dan berdebu di kawasan kawah, rasanya tidak lengkap jika tidak menikmati pemandangan yang dipenuhi oleh air.

Padang Rumput Savana dan Bukit Teletubbies

source: http://www.gunung-bromo.com/2014/09/padang-rumput-savana-bukit-taman.html
Lagi-lagi, kawasan Nasional Bromo Tengger masih menawarkan keindahan alam lain yang tidak kalah cantik. Inilah savana atau padang rumput kawasan Gunung Bromo yang terlihat sangat hijau dan alami. Tidak hanya itu, wisatawan juga melihat bahwa padang rumput itu menyelimuti gundukan-gundukan gunung kecil yang mirip dengan lokasi syuting film anak-anak, Teletubbies. Memang sangat mirip, dan bukit-bukit ini akhirnya mendapat sebutan Bukit Teletubbies oleh para wisatawan.

Puncak Penanjakan dan Matahari Terbit

source: https://nugnugroho.wordpress.com/tag/sunrise/
Tempat berikutnya adalah yang paling banyak dinanti para wisatawan karena butuh waktu khusus untuk menikmati pemandangan ini. Di Puncak Penanjakan, rombongan wisatawan yang sudah bercampur baur berburu mencari posisi untuk menangkap indahnya momen matahari terbit. Banyak wisatawan memanfaatkan keindahan alam ini dengan mengambil gambar matahari terbit atau sunrise ini. Perpaduan warna langit saat sunrise dan pegunungan yang masih gelap membuat keindahan alam di Gunung Bromo tak tergantikan. Tidak hanya wisatawan domestik, wisatawan asing juga mengagumi keindahan alam ini.
Ini adalah keajaiban yang benar-benar ada di dunia dan saya tidak percaya betapa beruntungnya saya menjadi bagian dari pemandangan ini. Matahari terbit di Bromo terlalu ajaib bahkan untuk menjadi mimpi besar saya. Saya akhirnya menjadi penjelajah yang matanya pertama memandang kecantikan dan keindahan yang tak terungkap. - Caz, Travel Blogger.
source: http://www.ytravelblog.com/sunrise-over-mt-bromo-in-java-indonesia/

Tips Sebelum Berangkat

Mengingat bahwa kawasan pegunungan adalah kawasan dataran tinggi yang akrab dengan cuaca dingin, Minasan perlu membawa jaket tebal. Jika perlu menggunakan jaket yang berlapis-lapis karena suhu di Gunung Bromo, terutama di Puncak Penanjakan saat pagi hari mencapai kurang dari 18 derajat Celcius. Lupa membawa sarung tangan dan topi kerpus atau topi dari bahan rajutan? Ada banyak warga lokal yang menjual sarung tangan dan topi. Jadi, Minasan bisa membeli di sekitar lokasi.
Selain membawa jaket dan sarung tangan, jangan lupa untuk mengisi penuh bahan bakar kendaraan pribadi sebelum memasuki kawasan wisata. Ketika memasuki area wisata, akan sulit mencari SPBU dan warga lokal yang menjual bahan bakar umumnya memasang tarif yang cukup mahal.
Tidak salah jika kawasan Bromo ini menjadi bagian dari area wisata Nasional yang layak dijaga kelestariannya. Ada begitu banyak pemandangan alam yang menarik perhatian para pengunjung yang ingin menemukan keajaiban alam yang jarang ditemui. Yang pasti, memilih Gunung Bromo sebagai destinasi liburan tidak akan mengecewakan. Selamat berlibur!