1. Sundubu Jjiagae

Sundubu jjigae adalah pilihan yang tepat di musim penghujan seperti sekarang ini. Makanan berkuah yang pedas dan populer ini terbuat dari seafood, tofu, telur dan sayuran. Rasa pedas dari menu ini terdapat pada pemakaian gochujang (pasta cabe) dan gochugaru (cabai bubuk). Menu ini enak disantap panas - panas dengan nasi sambil menghangatkan tubuh. Isi dalam menu ini juga mengandung nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Tofu, telur dan sayuran baik untuk mencegah kanker, hipertensi dan mengatasi masalah pada lambung.
 

source: http://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/soondubujjigae1480926117621.jpg


 

2. Ramyeon

Makanan khas Korea ini mirip dengan makanan Jepang di mana menggunakan bahan dasar mie yang disajikan dengan mie kuah instan dan ditambahkan beberapa sayuran. Ramyeon adalah makanan wajib di Korea, sama halnya seperti kimchi. Cara makannya pun unik yaitu menyantapnya dengan lahap dan menyeruput kuahnya langsung dari mangkuk. Mie sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi yang dapat menyimpan energi sepanjang hari. Sedangkan sayuran kaya akan serat yang diperlukan bagi tubuh untuk melancarkan pencernaan.
 

source: http://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/ramyeon1480926133604.jpg


 

3. Topokki

Topokki adalah kuliner khas Korea yang dijual di pinggir - pinggir jalan dengan bahan dasar tepung beras yang ditambah bumbu pedas. Warnanya yang merah dengan tekstur kenyal sangat menggugah selera. Menu ini nikmat disantap saat panas. Tepung beras kaya akan serat, di mana serat juga menyehatkan sistem pencernaan selama dikonsumsi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.
 

source: http://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/topoki1480926156340.jpg


 

4. Samgyetang

Sup ayam muda yang populer ini kaya akan nutrisi sebab ayam direbus perlahan dengan beras, ginseng, bawang putih, jahe, kurma merah dan rempah - rempah lainnya. Rasanya gurih dengan butiran beras yang lembek. Samgyetang banyak dikonsumsi saat musim panas atau sedang kurang sehat.

Dengan banyaknya bahan berkualitas pada menu ini, jelas semangkuk samgyetang sangat baik bagi tubuh. Misalnya jahe dapat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, mencegah kanker dan mengatasi masalah pernafasan. Sedangkan bawang putih baik untuk mencegah perut kembung.
 

source: http://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/blog_food_samgyetang1480926469075.jpg


 

5. JJampong

Mie berkuah kemerahan ini berisi aneka seafood dan sayuran. Pemakaian bubuk cabai membuat citarasa menjadi nikmat dan pedas. Menu ini nikmat disantap di musim dingin. Semanguk jjampong dapat bermanfaat meningkatkan imunitas, mengatasi diabetes, meredakan sakit kepala dan mengurangi badan pegal - pegal. Jadi sambil menikmati segarnya jjampong, badanpun tetap hangat dan sehat.

source: http://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/champong1480926181826.jpg

6. Juk

Bubur ala Korea yang lezat ini dibuat dari beras, biji - bijian, wijen hingga kacang azuki. Campurannya bisa menggunakan daging, abalone, labu dan lainnya. Selain kaya akan gizi, juk juga dianggap baik bagi lambung sehingga banyak disantap saat sedang sakit atau pada masa pemulihan pasca operasi. Selain itu, juk juga nikmat disantap saat musim penghujan untuk menghangatkan tubuh.
 

source: http://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/juk1480926196771.jpg


 

7. Jeongol

Jeongol merupakan sup yang dimasak dalam panci besar. Biasanya disajikan di tengah - tengah meja makan dan dimakan bersamaan. Makanan ini terdiri dari irisan daging sapi, jeroan dan berbagai macam makanan laut, ditambah sayuran dan rempah - rempah. Kemudian direbus secara bersamaan dan dengan cita rasa yang pedas. Walaupun teridiri dari daging sapi, namun jeongol banyak mengandung mutrisi dan serat karena sayuran dan rempah - rempah dapat mengimbangi daging sapi yang kamu konsumsi.

source: http://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net/photo/temporary/jeangol-11480926368428.jpg