Makanan menjadi identitas yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah negara. Sebut saja salah satunya Italia yang memang cukup terkenal dengan hidangan pizzanya. Hampir sebagian besar makanan Italia memiliki kelezatan yang luar biasa. Tak heran bila hidangan Italia banyak diminati di seluruh dunia termasuk Indonesia. Saat ini mencari makanan ciri khas Italia di Indonesia juga tak sulit karena sudah banyak restoran yang tersebar di kota-kota besar. Baik itu dengan chef yang berasal dari Italia ataupun chef yang berasal dari Indonesia namun belajar dari Italia.

Kunci masakan Italia sebenarnya terletak pada rempah-rempah alami yang beragam seperti basil, rosemary, peterseli, cengkih, pala dan minyak zaitun sehingga memiliki cita rasa lezat. Namun, makanan Italia ternyata memiliki kalori dan lemak yang tinggi. Untuk itu konsumsinya juga perlu dibatasi. Kamu juga tetap bisa menikmati makanan Italia tanpa merasa khawatir dengan cara berikut. 
 

1. Pizza

Makanan yang menjadi ciri khas Italia ini dikenal mengandung banyak kalori, lemak jenuh dan kolesterol. Namun, pizza yang sehat sebenarnya tergantung pada topping dan jenisnya. Pizza asli Italia memiliki mutu yang lebih baik dimana bagian tepiannya lebih tipis dan juga tidak terlalu berminyak. 

Batasi juga konsumsi pizza hanya 1-2 potong saja dalam sekali makan. Dalam seminggu sebaiknya hanya konsumsi pizza sekali. Bila menikmati Pizza di restoran, kamu bisa memilih bagian yang pinggirannya lebih tipis (mendekati pizza asli Italia). Hindari bagian tepi pizza yang stuffed crust (isi keju) karena mengandung banyak kalori dan lemak. Pilihan topping sayuran tentunya lebih baik untuk mendapatkan manfaat vitamin. Atau, kamu bisa juga memilih topping tuna dan udang untuk mendapatkan kandungan protein. 
 

source: http://www.julianosnh.com/order-online-julianositalianpizzeria.html


 

baca juga

2. Bruschetta

Mencari makanan Italia tanpa saus krim atau daging seafood berminyak? Kamu bisa mencoba brushchetta. Bruscheta merupakan salah satu makanan favorit di Italia yang biasanya dijadikan makanan pembuka. Dari segi bahan, bruschetta sangat mudah untuk didapatkan karena hanya memerlukan roti yang dipanggang dan topping jamur maupun tomat. Sebenarnya bruschetta bisa menggunakan beragam topping. Kamu juga bisa berkreasi dengan menggunakan topping lain yang lebih sehat seperti sayuran, buah ataupun salmon. 

 

source: http://www.telegraph.co.uk/foodanddrink/foodanddrinkadvice/11706312/Perfect-bruschetta-whats-the-Italians-secret.html


 

3. Salad Caprese

Kamu juga bisa mencoba salad klasik dari Italia yaitu caprese. Perpaduan potongan keju mozzarella, tomat dan sayuran hijau membuat makanan ini bisa menjadi santapan sehat. Salad ceprese menggunakan minyak zaitun sebagai lemak sehat. Sebuah penelitian dari lowa State University menyebutkan bahwa salad dressing yang berbentuk minyak (minyak zaitun atau kanola) memiliki kandungan karotenoid (vitamin A) yang baik. Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang baik untuk melarutkan lemak dalam perut. 
 

source: http://thepioneerwoman.com/cooking/caprese-salad/


 

baca juga

4. Pasta

Makanan Italia yang satu ini tentunya juga sangat terkenal. Selain enak, cara penyajiannya juga cukup mudah. Ada beberapa cara sehat agar tetap bisa menikmati pasta. Pada umumnya, pasta mengandung lemak dan karbohidrat. Kamu bisa memilih jenis pasta dari gandum utuh yang memiliki kandungan serat lebih baik.
Bila ingin menambahkan kandungan protein, coba tambahkan daging ayam bagian dada. Bagian ini memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit. Kemudian tumis menggunakan minyak wijen. Tambahkan juga sayuran seperti jagung pipil untuk menambah kandungan gizinya. 
 

source: http://www.upsocl.com/cultura-y-entretencion/6-novedosas-ideas-para-hacer-regalos-utilizando-tus-viejas-fotografias/


 

5. Panino

Panino merupakan sandwich yang terbuat dari roti (tramezzino). Biasanya roti yang digunakan untuk membuat panino yaitu ciabatta, rosetta dan baguette. Untuk isiannya, panino menggunakan daging asap dan keju mozzarella. Panino juga bisa disajikan setelah dipanggang. Panino cocok digunakan sebagai sarapan dengan kandungan gizi yang lengkap baik dari karbohidrat, protein, lemak dan vitamin. 
 

source: http://lydonhousecatering.com/franklin/


 

Itulah beberapa makanan Italia yang bisa kamu konsumsi dengan cara yang lebih sehat. Jadi, kamu bisa tetap menikmati makanan yang enak dengan kebutuhan zat gizi yang sesuai untuk tubuh tanpa merasa khawatir.