Imagine how much time we can save if we not re-applying lipstick again and again? Bagi wanita yang sibuk, touch up lipstick bisa jadi hal yang membuang-buang waktu. Tapi sayangnya, tidak banyak lipstick yang menyediakan power staying yang bagus dan tahan lama. Terkadang bahkan lipstickmu bisa hilang hanya dengan menyeruput secangkir kopi. Nah untuk membuat lipstickmu tahan lama, kamu bisa mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini.
 

source: http://theblondeshell.com/2014/03/25/how-to-make-your-lipstick-last-all-day-night/


 


1. Aplikasikan Concealer ke Seluruh Bibir

Langkah pertama, ratakan concealer ke seluruh bibir. Trik ini akan bekerja seperti primer yang membuat layer makeup berikutnya lebih menempel dan tahan lama. Selain concealer, kamu juga bisa menggunakan foundation sebagai lips primer. Jangan lupa untuk menggunakan lip balm sebelum mengaplikasikan foundation atau concealer ya agar bibirmu tidak kering.


2. Bingkai dan Isi Bibir dengan Lip Liner

Yup selain membuat warna lipstickmu lebih pop up, lip liner juga bisa membuat lipstickmu tahan lama lho. Lip liner bisa menjadi base yang baik agar lipstickmu lebih menempel di bibir. Jika kamu tidak terlalu suka menggunakan lip liner karena takut merusak warna lipstick, kamu bisa memilih warna natural yang sesuai warna bibirmu. Tapi jika kamu ingin mencoba lip liner berwarna, pilih warna yang satu atau dua tingkat lebih terang dari warna lipstickmu. Pro tips: jika kamu ingin bentuk cupid pada bibirmu, coba lah untuk menggambar tanda silang "X" pada bibir bagian atas. Setelah selesai dibingkai, isi seluruh bibirmu dengan lip liner. 


3. Keringkan dengan Tisu dan Bubuhkan Bedak Tabur

Setelah membingkai dan mengisi bibirmu dengan lip liner, ambil selembar tisu dan tepuk-tepukkan secara lembut di bibir untuk menghapus lip liner yang terlalu tebal sekaligus menghilangkan kelebihan minyak pada bibir. Lalu, bubuhkan sedikit bedak tabur dengan brush untuk menge-set base lip liner-mu. A perfect base will make a great result. 


4.   Aplikasikan Lipstick Menggunakan Lip Brush

Selesai membuat base yang baik? Sekarang saatnya kamu beraksi dengan lipstickmu! Poin terpenting di sini yang perlu kamu catat adalah selalu gunakan lip brush ketika mengaplikasikan lipstick untuk hasil yang lebih rapi dan tahan lama. Lip brush ini akan memberikan lebih banyak pressure sehingga lipstick akan lebih settle. Plus, ujung kuasnya yang kecil juga membantumu untuk memulaskan lipstick dengan lebih rapi. Now it's time for you to love lip brush.


5. Final Step, Keringkan dengan Tisu dan Bubuhkan Bedak Tabur Kembali

Now, you've come to the final step. Kamu hanya perlu mengulangi step 3 untuk membuat lipstickmu lebih tahan lama. Tapi, kamu juga bisa mencoba cara lain dengan cara menempelkan selembar tisu pada bibir dan menepuk-nepuknya dengan brush yang telah diberikan bedak tabur. Trik ini berfungsi untuk  membuat lipstickmu settle sehingga akan tahan seharian. 
 

Bonus Step!

Jika kamu ingin menciptakan ilusi full lips atau bibir yang terlihat tebal, kamu bisa menggunakan eyeshadow tanpa shimmer dengan warna gelap dan aplikasikan pada bagian bawah bibir menggunakan pencil liner.