Tarik Telinga Saat Merasa Lelah

Stres yang disebabkan karena padatnya aktivitas sehari-hari akan menumpuk di kepala melalui mata, hidung, mulut, dan juga telinga. Misalnya saja saat mata lelah, terkadang kita akan merasakan rasa tegang dan adanya tekanan di belakang mata. Pada saat itulah tulang sphenoid yang terdapat di dalam pusat tengkorak menerima tekanan sehingga mengalami ketegangan.
 

source: http://www.stylist.co.uk/beauty/constellation-piercings-helix-cuff-healing-stars-moon-ear-piercing-stud-hoop-ear-cuffs


Di dalam tulang sphenoid banyak terdapat sistem sarah dan pembuluh darah. Jadi, ketika terjadi adanya penyumbatan di area ini, maka sistem saraf tidak dapat berjalan dengan baik dan kita akan merasakan mudah lelah.

Menarik telinga membantu menciptakan ruang antara telinga dan kepala sehingga dapat membuka penyumbatan yang terjadi di dalam kepala (tulang sphenoid), membuat sistem saraf dapat berjalan lebih baik, serta memberikan efek terhadap kepala yang akan terasa lebih ringan.
 

 

source: https://mobareco.jp/a48400/


Cara melakukan gerakannya:

  1. Duduk dengan posisi rileks sambil menegakkan punggung. 
  2. Letakkan dua jari (jari telunjuk & jari tengah) ke bagian dalam kuping, dan letakkan jempol pada bagian belakang kuping.
  3. Tarik telinga secara perlahan ke arah luar, biarkan kurang lebih selama 5-7 detik sambil bernafas normal, lalu lepaskan.
  4. Lakukan gerakan yang sama hingga 3-5 menit.

Gerakan ini dapat kamu lakukan berulang kali dalam sehari untuk membantu menyegarkan pikiran serta menghilangkan rasa lelah dan penat.
 

Menekan Titik Pijat di Sela-Sela Waktu Kerja

Duduk selama berjam-jam di depan laptop bisa menjadi hal yang melelahkan. Melakukan sedikit peregangan mungkin bisa membantu melemaskan otot yang tegang. Namun mungkin saja lingkungan kerja beberapa orang sangat terbatas sehingga sulit untuk melakukan peregangan di sela-sela waktu kerja. Sebagai alternatif, kamu bisa mencoba menekan titik pijat untuk menghilangkan rasa lelah.

 

source: http://beautyhealthdiet.sblo.jp/article/174150699.html


Cobalah pijat area segitiga yang terletak di antara jari telunjuk dan ibu jari. Coba tekan titik ini selama beberapa detik secara perlahan, lakukan pada kedua tangan secara bergantian. Dengan menekan titik ini, kamu dapat membantu menghilangkan rasa lelah atau sakit kepala, bahkan rasa pegal pada bahu.
 

Akhiri Aktivitas Harian dengan Memijat Kaki

Ada beberapa titik pijat di area kaki yang bisa kamu coba untuk mengatasi rasa lelah setelah seharian beraktivitas.
 

source: http://weheartit.com/entry/268385983/search?context_type=search&context_user=thisbrenda&page=6&query=legs


 

a. Lengkungan Telapak Kaki

Pijat lembut bagian lengkungan telapak kaki dengan menggunakan kedua ibu jari. Terutama pada bagian lekukan paling atas, bagian yang terlihat paling cekung jika kita menekuk jari kaki ke arah dalam. Memijat titik ini dapat membantu menghilangkan rasa lelah setelah beraktivitas seharian.
 

source: http://www.premamaplus.com/okyu/tsubo/t10/


 

b. Area Tumit

Genggam bagian tumit menggunakan seluruh permukaan telapak tangan, tahan selama kurang lebih 10-15 detik. Selain itu, kamu juga bisa menekan titik pijat yang terletak di antara tendon achilles dan pergelangan kaki bagian dalam. Titik ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan hipotermia (penurunan suhu tubuh).
 

source: http://www.premamaplus.com/okyu/tsubo/t25/


 

c. Jari-Jari Kaki
Pijat seluruh jari kaki satu persatu. Putar jari, gerakan ke kanan-kiri, serta ke depan dan ke belakang. Ulangi gerakan kurang lebih hingga 10 kali. Tekan bagian kuku dan tarik secara perlahan, lalu tekan bagian pangkal hingga ke bagian tengah jari kaki secara bergantian.
 

source: http://zi-gen.com/thenar-massage-950


Kamu juga bisa menekan titik pijat yang terletak di bawah kuku ibu jari kaki yang dapat membantu mengatasi permasalahan sembelit dan memperlancar siklus menstruasi.

d. Punggung Kaki

Menghilangkan stres juga bisa kamu lakukan dengan memijat bagian punggung kaki. Genggam menggunakan tangan dan gunakan persendian jari-jari tangan untuk melemaskan area punggung kaki dengan cara digosokkan secara perlahan.
 

source: http://zi-gen.com/thenar-massage-950


Kamu juga bisa menekan titik pijat yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk yang dipercaya dapat membantu mengusir stres karena padatnya aktivitas.
 

e. Pergelangan Kaki

Pergelangan kaki merupakan tempat yang dipenuhi oleh zat-zat sisa pembuangan pada tubuh. Pijatlah bagian pergelangan kaki secara rutin untuk memperlancar pergerakan kelenjar getah bening yang juga turut berperan dalam transportasi zat-zat sisa pembuangan tubuh.
 

source: http://k-kori.com/tubo/429.html


Tekan titik pijat di bagian pergelangan kaki, bagian cekung yang terletak di dekat mata kaki. Memijat titik ini dapat membantu mengatasi sakit kepala serta bahu pegal.

Selamat mencoba, Beautynesian!