Scrubbing Pada Area Dagu
 

source: http://http://images.bestbeautyinfo.com/

Eksfoliasi kulit dengan scrub lembut tiap hari dapat membantumu menghilangkan sel kulit mati di area dagu. Selain itu, scrubbing juga membuat kulit lebih kenyal sehingga mudah mengeluarkan komedo. Tak perlu terlalu kencang ketika scrubbing karena bisa memicu produksi minyak berlelbih dan menyebabkan jerawat. Gunakan produk yang mengandung sea salt atau micro scrub.
 

Steaming di Area Dagu
 

source: http://contemporaryflavour.com

Penguapan di area dagu bisa membuka pori-pori untum mempermudah keluarnya komedo. Dekatkan wajah pada uap air selama 10 menit. Teteskan sedikit minyak kayu putih pada air panas untuk mencegah infeksi yang mungkin terjadi pada kulit.
 

baca juga

Gunakan Produk Penghilang Komedo
 

source: https://i.ytimg.com

Penggunaan produk penghilang komedo secara rutin dapat meningkatkan efektifitas cara sebelumnya. Misalnya, gunakan peel-off mask atau pore pack, untuk mengangkat komedo dalam pori-pori. Gunakan secara rutin ya agar komedo bandel tidak muncul kembali!
 

Penanganan Dermatologis
 

source: http://cdn2.stylecraze.com/

Jika cara diatas kurang berhasil dan komedo bandel tak dapat disingkirkan, ada baiknya menguhubungi dermatologis untuk memeriksakan kondisi kulitmu. Biasanya, mereka menggunakan krim dan obat dengan bahan retiniod untuk mengobatinya. Tak jarang, ekstrator khusus juga digunakan para dermatologis untuk komedo yang sangat membandel.