source: http://dropdeadgorgeousdaily.com/2014/04/dermalogica-face-mapping/
Pada gambar di atas adalah titik-titik yang sering menjadi lokasi timbulnya jerawat. Face Mapping di atas menunjukkan bahwa masing-masing lokasi mewakili gejala-gejala kondisi kesehatan tubuh.
Teknik ini merupakan kombinasi ilmu ketabiban kuno Ayurveda dan Cina untuk menjelaskan bagaimana bagian-bagian tertentu dari wajah terkoneksikan ke area organ lain dari tubuh Anda. Sehingga Anda dapat memahami apa yang menjadi penyebabnya dan cara mengatasinya sejak dini.
source: http://www.richamorindonesia.com/face-mapping-deteksi-kesehatan-melalui-pemetaan-lokasi-jerawat/

1. Dahi (1,2)

Jerawat di dahi dapat disebabkan oleh masalah pencernaan. Hal ini disebabkan oleh timbunan lemak akibat mengkonsumsi makanan seperti junk food atau makanan dengan lemak berlebih. Selain masalah pencernaan, jerawat di dahi juga sinyal dari sampo, kondisioner, atau produk penataan rambut yang digunakan menempel di dahi dan bercampur dengan keringat. Saat tak dibersihkan, residu bahan kimia produk tersebut memicu timbulnya jerawat.
Solusi: kurangi minuman bersoda dan banyak minum air putih. Kurangi juga mengkonsumsi makanan berlemak tinggi dan daging merah. Ganti produk perawatan rambut dan pastikan selalu bersihkan kepala dengan baik untuk memastikan tidak ada sisa produk rambut yang tersisa di kulit kepala.

2. Antara Dua Alis (3)

Jerawat yang timbul di dahi memberikan indikasi adanya masalah pada hati. Lokasi ini merupakan lokasi adanya alergi terhadap makanan serta seringnya mengkonsumsi alkohol.
Solusi: sering melakukan aktivitas olahraga, mengkonsumsi makanan yang berserat, istirahat yang cukup, serta tidak mengkonsumsi alkohol untuk memberi waktu pada hati beristirahat.

3. Pelipis (4, 6, 8, 10)

Pelipis yang menjadi lokasi timbulnya jerawat memberikan indikasi adanya masalah ginjal yang disebabkan oleh dehidrasi atau masalah lain yang mengganggu fungsi kerja organ tersebut.
Solusi: perbanyak konsumsi air putih dan hindari minuman berkafein.

4. Pipi (5,9)

Masalah pada pernapasan ditandai dengan timbulnya jerawat di area pipi. Hal lain menjadi penyebab timbulnya jerawat di pipi adalah alergi pada makanan dan penggunaan barang-barang yang menempel pada pipi yang tidak higienis seperti ponsel (saat sedang menelepon), bantal, barang lainnya terutama yang digunakan secara bergantian dengan orang lain tanpa dibersihkan terlebih dahulu.
Solusi: hindari makanan cepat saji, kurangi merokok yang menjadi penyebab masalah pernapasan, perbanyak mengkonsumsi makanan yang bersifat dingin (melon, mentimun, semangka, dll), serta selalu bersihkan barang-barang yang biasa digunakan menempel pada pipi.

5. Hidung (7)

Lokasi jerawat yang timbul pada hidung mengindikasi adanya masalah tekanan darah atau jantung serta stres. Faktor penyebab tekanan darah bermacam-macam, salah satunya adalah adanya stres itu sendiri.
Solusi: lakukan yoga untuk relaksasi sekaligus meditasi. Konsumsi makanan tertentu juga bisa menjadi penyebab tekanan darah naik.

6. Dagu (11,12,13)

Apabila pada area ini timbul jerawat, itu artinya sinyal masalah hormon yang menjadi pemicu timbulnya jerawat. Penyebab hormon yang memicu jerawat bermacam-macam, bisa akibat terlalu stres atau pra-menstruasi syndrom yang biasa terjadi pada perempuan seminggu sebelum menstruasi.
Solusi: melakukan meditasi atau yoga dapat membantu mengurangi timbulnya stres secara hormonal. Jangan lupa untuk tidur dengan waktu yang cukup dan mengkonsumsi makanan dan minuman berserat.

7. Leher (14)

Jerawat yang timbul di leher menandakan bahwa tubuh sedang melawan bakteri penyebab penyakit.
Solusi: konsultasi pada dokter adalah cara terbaik untuk memastikan kondisi tubuh baik-baik saja. Asupan vitamin serta istirahat yang cukup adalah salah satu langkah sederhana membantu menjaga kondisi tubuh.
Harap dicatat: penyebab yang tercantum untuk masing-masing daerah wajah adalah sebagai panduan umum dan mungkin tidak berlaku untuk semua orang. Misalnya, hanya karena jerawat keluar di dahimu, tidak secara otomatis berarti ada sesuatu yang salah dengan organ hati (liver) Anda.
source: http://www.richamorindonesia.com/face-mapping-deteksi-kesehatan-melalui-pemetaan-lokasi-jerawat/